nusabali

Calvin Verdonk Resmi Jadi WNI

  • www.nusabali.com-calvin-verdonk-resmi-jadi-wni

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebutkan, Calvin Ronald Verdonk resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI), setelah pengambilan sumpah, serta membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Paspor.

Erick membeberkan, pemain kelahiran Belanda itu telah melalui proses naturalisasi itu, kini hanya membutuhkan persetujuan oleh Federasi Internasional Asosiasi Sepak Bola (FIFA) untuk bisa membela tim nasional sepak bola Indonesia.

Perpindahan kewarganegaraan Calvin Verdonk yang awalnya warga negara Belanda itu disetujui Komisi III dan Komisi X DPR RI. Pria 27 tahun itu adalah pemain klub NEC Nijmegen di liga utama Belanda (Eredivisie) dan berposisi sebagai pemain bertahan.

Naturalisasi itu diharapkan Kemenpora dan PSSI memperkuat skuad Timnas Indonesia untuk bersaing di sejumlah ajang resmi, khususnya dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara usai rermi menjadi WNI, Calvin Verdonk menyebutkan, salah satu motivasi ingin menjadi WNI adalah ingin menjadi contoh yang baik untuk anak-anak muda Indonesia.

"Saya ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia dan jadi contoh yang baik untuk anak-anak mudanya," kata Calvin dalam rapat dengan Komisi III DPR RI, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, dan perwakilan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Jakarta, Senin.

Dia membeberkan, Indonesia memiliki sejarah yang baik, begitu juga dengan tim nasional sepak bolanya, sehingga dirinya ingin bergabung dan memberikan kontribusi terbaik.

Lebih lanjut Calvin membeberkan, untuk pertama kalinya dia merasa seperti di rumah sendiri. Calvin yang berayah orang Meulaboh Aceh itu, bersama Jens Raven adalah warga negara Belanda yang sedang mengikuti proses naturalisasi sejak beberapa bulan lalu. Jens Raven sendiri sangat senang proses naturalisasinya berjalan lancar dan disetujui Komisi X dan Komisi III DPR RI.

Raven hadir secara virtual melalui Zoom didampingi pelatih Bima Sakti dan Indra Sjafri karena sedang bersama di Prancis bersama timnas Indonesia U-20, sedangkan Verdonk hadir secara langsung.

Pesepak bola kelahiran Dordrecht, Belanda pada 12 Oktober 2005 itu memiliki darah Indonesia dari nenek yang berasal dari ayahnya yang bernama Willy Maudy Baungarten karena lahir di Yogyakarta pada 6 April 1944. ant

Komentar