nusabali

Kuliner Gianyar Akhirnya Dibuka

  • www.nusabali.com-kuliner-gianyar-akhirnya-dibuka

GIANYAR, NusaBali - Ratusan pedagang makanan dan minuman menjajakan dagangannya di hari pertama Pusat Kuliner Gianyar dibuka, Kamis (6/6).

Pusat Kuliner Gianyar memanfaatkan lahan eks Hardys kawasan Kota Gianyar. Para pedagang sudah mengambil nomor urut beberapa hari yang lalu untuk menentukan lokasi lapak. Mereka adalah wajah-wajah lama yakni pedagang di pasar senggol lama yang sempat dipindahkan ke GOR Kebo Iwa. Pusat Kuliner Gianyar dibuka setelah dipelaspas lima bulan lalu. 

Meskipun sudah pindah di stand Kuliner Gianyar, beberapa pedagang masih jualan di Pasar Senggol GOR Kebo Iwa. "Kontrakannya di GOR masih. Nunggu habis kontrakan. Di sini mulai buka, jadi dua punya tempat," ungkap sejumlah pedagang. Pusat Kuliner Gianyar letaknya strategis di pusat kota pinggir jalan raya diyakini akan digandrungi penikmati kuliner. "Parkirnya juga bisa di empat sisi, rasanya akan sangat ramai," ungkap salah seorang pedagang, Gusti Ketut Manis, 70. 


Pedagang jajan ini mengaku sudah jualan sejak tahun 1983 ketika anak sulungnya baru tiga oton (usia 1,5 tahun). Pusat Kuliner Gianyar mulai buka pukul 15.00 WIta sampai malam.

Pembukaan Pusat Kuliner Gianyar terkesan molor. Informasi awal, pusat kuliner khas Gianyar ini akan dibuka sebelum Hari Raya Galungan, 28 Februari 2024. Secara niskala, area pasar ini sudah dipelaspas (diresmikan) pada pertengahan Januari 2024. 

Penataan pasar senggol ini dikerjakan selama 150 hari kalender mulai 24 Juli 2023 hingga 20 Desember 2023. Penataan dikerjakan oleh kontraktor PT Surya Bali, diawasi konsultan pengawas CV Bina Bwana Wisesa di bawah naungan Dinas PUPR Kabupaten Gianyar dengan nilai kontrak Rp 6.256.790.000.

Dalam perencanaannya, seluruh aspek dipertimbangkan seperti saluran air kotor berikut utilitasnya, parkir dan sirkulasi pengunjung, sirkulasi pedagang termasuk tata kelola sampah. Pasar senggol di tempat strategis, sebelah barat Puri Agung Gianyar ini digadang-gadang menjadi tempat kuliner khas Gianyar yang bersih, nyaman, dan rapi.

Sebelumnya, pasar senggol tersebut adalah lahan eks Hardys Gianyar yang masa kontraknya sudah habis. Pada lahan tersebut pernah dirancang bangunan berlantai 3 dan sebagiannya untuk Mal Pelayanan Publik Gianyar. Namun pada akhirnya pilihan jatuh pada pembangunan pasar senggol. Saat ini pedagang pasar senggol masih menempati lokasi di GOR Kebo Iwa Gianyar. 7 nvi

Komentar