nusabali

Masuk Tiga Besar Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi

Kelurahan Ubung Berpotensi Lolos Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-masuk-tiga-besar-lomba-desakelurahan-tingkat-provinsi

DENPASAR, NusaBali - Perwakilan Kota Denpasar yakni Kelurahan Ubung, Kecamatan Denpasar Utara berhasil masuk tiga besar lomba desa/kelurahan tingkat provinsi, sehingga berpeluang lolos dalam lomba tingkat nasional. Kelurahan Ubung akan bersaing dengan Kelurahan Gilimanuk, Jembrana dan Kelurahan Subagan, Kabupaten Karangasem.

Jafung PSM (Penggerak Swadaya Masyarakat) Ahli Muda, Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Denpasar, I Dewa Ayu Istri Idayati, di Denpasar, Kamis (6/6) mengatakan, lomba tidak hanya sekadar kegiatan lokal, tetapi juga bagian dari upaya nasional untuk meningkatkan kualitas pemerintahan di tingkat desa dan kelurahan. “Untuk yang tiga besar di tingkat provinsi tahun ini ada Kelurahan Ubung, kemudian kita bersaing dengan Gilimanuk dari Jembrana dan Kelurahan Subagan Karangasem. Saat ini masih dalam tahap penilaian akhir untuk menentukan juaranya,” ujar Idayati. 

Kata Idayati, untuk lomba desa, Kota Denpasar tidak meloloskan wakilnya di posisi 3 besar. Kota Denpasar hanya mampu menempatkan wakilnya, Desa Sanur Kaja di posisi peringkat 4. Secara nasional wakil Bali nanti akan bersaing dengan Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur di Regional 2 sebagai wilayah dengan administrasi dan inovasi yang tinggi.

Menurut Idayati, sejak beberapa tahun terakhir, trend utama dalam lomba desa adalah e-government. Desa dan kelurahan berlomba-lomba untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Namun, akhir-akhir ini, terdapat pergeseran fokus menuju upaya menciptakan smart city.

“Dampak dari perubahan fokus ini tidak selalu positif. Banyak desa dan kelurahan yang tergoda untuk mengembangkan program-program yang mungkin tidak selalu diperlukan, hanya demi terlihat ‘smart’. Banyak aplikasi yang diciptakan dengan semangat ‘smart, padahal sebenarnya masyarakat setempat tidak terlalu memerlukan hal tersebut,” ujarnya.

Dalam penilaian lomba desa, kata dia, tim penilai yang terdiri dari berbagai instansi di Kota Denpasar turut berperan. Mulai dari instansi pemerintah, seperti BPBD dan Dinas-dinas, hingga lembaga kemasyarakatan. “Pada tahun 2023, lalu Kota Denpasar pada ajang lomba desa dan kelurahan menyabet Juara I Tingkat Provinsi Bali dengan menempatkan wakilnya yakni Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat. Bahkan Desa Tegal Harum juga juara di tingkat nasional.cr79

Komentar