nusabali

Badung Intensifkan Monitoring Cabor

  • www.nusabali.com-badung-intensifkan-monitoring-cabor

Masing-masing cabor diharapkan tetap aktif berlatih. Selain itu, sejumlah atlet Badung yang lolos diharapkan berlatih secara intensif menghadapi PON XXI/2024, September mendatang.

MANGUPURA, NusaBali
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Badung mulai mengintensifkan monitoring dan evaluasi (monev) ke sejumlah cabang olahraga di Gumi Keris itu. Langkah itu bagian dari memaksimalkan rangkaian latihan para atlet di masing-masing cabor setelah dana pembinaan cair awal bulan Juni lalu.

Ketua KONI Badung, Made Nariana menerangkan, memasuki pertengahan 2024 ini, pihaknya mulai aktif melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke cabang olahraga yang jadi anggotanya. Ya, masing-masing cabor diharapkan tetap aktif berlatih. Selain itu, sejumlah atlet Badung yang sudah lolos diharapkan berlatih intensif menghadapi PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatra Utara, September mendatang.

"Pemantauan ini untuk melihat progres pasca dana pembinaan turun. Ini juga melihat perkembangan latihan mereka untuk menghadapi berbagai agenda kejuaraan, termasuk PON," kata Made Nariana, yang didampingi Sekretaris Made Sutama, Wakil Ketua Wayan Tirta, dan Ketut Widia Astika, di Kantor KONI Badung, Kamis (6/6).

Meskipun dana pembinaan jumlahnya kecil, kata Nariana, namun pemanfaatannya harus selalu tepat sasaran. Terpenting lagi benar administrasinya sehingga tidak ada temuan yang salah di kemudian hari. Hal itu juga, kata Nariana, bagian dari perhatian besar kepada atlet Badung yang ikut PON. 

Menurutnya, KONI Badung ingin memberikan kontribusi terbesar kepada kontingen Bali dalam PON 2024 nanti, seperti yang terjadi dalam PON Papua dua tahun lalu. 
"Ini adalah bentuk perhatian terhadap Cabor yang jadi anggota kami. 

Tentu kami akan selalu memantau agar prestasi semakin gemilang di Badung ini," harap Nariana Menurut Nariana, pemantauan sudah dilakukan akhir bulan lalu dan menyasar cabor softball/baseball yang berlatih di Lapangan Renon, dilanjutkan ke Pantai Sanur untuk melihat latihan voli pantai. Lalu, gateball dan atletik yang memusatkan kegiatan latihan di area GOR Mengwi. 

Terkait turut aktifnya KONI Badung dalam persiapan PON Aceh/ Sumut, kata Nariana, atlet Badung mendominasi jumlah atlet yang menjadi anggota kontingen Bali dalam PON XXI nanti. 

"Bali sendiri berkekuatan 547 atlet yang lolos PON dari 49 cabor. Sebanyak 172 diantaranya adalah atlet Badung. Maka, kami di Badung ingin ikut andil untuk mensukseskan kontingen Bali," kata mantan Ketua KONI Bali ini.

Pada PON XXI/2024 nanti akan mempertandingkan 323 nomor pertandingan. Sedangkan jumlah atletnya, jika dirinci ada 320 atlet putra dan 243 atlet putri. Nariana pun berpesan kepada para atlet, bahwa target Bali meraih 45 medali emas, seperti yang disampaikan Ketua Umum KONI Bali dalam Rakerprov Maret lalu. 

"Kita mendorong agar ini bisa terealisasi. Maka, kita intensif pemantauan sejak saat ini, utamanya atlet Badung yang masuk kontingen PON nanti," kata Made Nariana. dar

Komentar