nusabali

Selama Proyek, Dermaga Kedisan Ditutup

  • www.nusabali.com-selama-proyek-dermaga-kedisan-ditutup

BANGLI, NusaBali - Proyek pembangunan Dermaga Kedisan, Kecamatan Kintamani, Bangli, memasuki tahap lima atau tahap akhir yakni sedang proses pengerjaan. Demi keamanan dan keselamatan, Dermaga Kedisan ditutup sementara hingga tuntas proses pembangunan.

Disisi lain, untuk aktivitas penyerebangan, disiapkan tempat sandar darurat sehingga masyarakat masih bisa menyeberangi danau. Kepala UPT Penyeberangan Danau Batur, Ketut Nasta mengatakan proses 

reviltalisasi dermaga penyebrangan Kedisan dilakukan secara bertahap sejak tahun 2020. Tahun 2024 memasuki tahap tahap akhir pengerjaan reviltalisasi dermaga Kedisan, yang mana proses sedang berlangsung.

Lanjut Ketut Nasta, saat ini telah dilakukan penutupan Dermaga Kedisan. Penutupan mengacu surat Direktur Jendral Perhubungan Darat RI, Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Bali. "Penutupan sementara Dermaga Kedisan karena dalam massa pembangunan. Penutupan terhitung per 3 Juni kemarin," jelasnya, Jumat (7/6).

Penutupan dilakukan demi keamanan dan kelancaraan pengerjaan proyek. Selain itu, jika wisatawan dibiarkan ada di areal proyek, dikhawatirkan membahaya. "Saat ini banyak truk lalu lalang membawa material," kata Ketut Nasta.

Sementara itu, proyek ini diperkirakan rampung pada bulan November mendatang. Sehingga selama pengerjaan, kegiatan penyeberangan dialihkan sementara. Pihaknya telah menyiapkan tempat sandar boat untuk melayani penyeberangan di Danau Batur. Dengan begitu aktivitas masyarakat atau wisatawan masih tetap bisa berjalan.

Terkait pendapatan berkurangan, Ketut Nasta tidak menampik jika terjadi penurunan pendapatan. Contohnya sektor parkir. Saat ini parkir memanfaatkan lahan adat sehingga pengelolaan oleh adat. "Ini sifat sementara, tentu dengan revitalisasi dermaga ini dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat atau wisatawan ke depannya," sambungnya. 7esa

Komentar