nusabali

Walikota Berharap Dorong Stabilitas Harga dan Tekan Inflasi

Kolaborasi Bazar Pangan dan Bulan Bung Karno di Dentim

  • www.nusabali.com-walikota-berharap-dorong-stabilitas-harga-dan-tekan-inflasi

DENPASAR, NusaBali - Pemkot Denpasar melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan menggelar bazar pangan di SMK PGRI 3 Denpasar, Jumat (7/6).

Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara meninjau bazar pangan yang dirangkaikan dengan Bulan Bung Karno VI Kecamatan Denpasar Timur (Dentim), dan ‘Trigiska Fest’ SMK PGRI 3 Denpasar. Berbagai olahan pangan hingga kebutuhan pokok tersedia di bazar pangan. 

Hadir pula Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Perekonomian Kota Denpasar I Gusti Ayu Ngurah Raini, Camat Denpasar Timur Ketut Sri Karyawati, perbekel/lurah se-Kecamatan Dentim, kepala sekolah, para guru, dan siswa SMK PGRI 3 Denpasar. 

“Bazar pangan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan ketersediaan pangan bagi masyarakat, mengurangi kesenjangan harga antara produsen dan konsumen, serta membantu mengurangi tekanan inflasi secara keseluruhan dengan menawarkan produk pangan dengan harga yang lebih terjangkau,” ujar Walikota Jaya Negara saat meninjau stand bazar pangan. 

Walikota Jaya Negara mengapresiasi bazar pangan yang dikolaborasikan dengan Bulan Bung Karno serta menyuguhkan kreativitas siswa SMK PGRI 3 Denpasar dengan olahan pangan hingga kerajinan tangan. 

“Kami berharap, pelaksanaan bazar pangan dapat mendorong stabilitas harga pangan, mengurangi inflasi, serta memperkuat keberlanjutan ekonomi lokal dengan mendukung produsen lokal,” kata Walikota Jaya Negara.

Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa, mengatakan bazar pangan merupakan agenda rutin dari Pemkot Denpasar guna membantu mengembangkan perekonomian daerah. 

Disampaikannya, komoditas yang disediakan di bazar pangan kali ini yakni beras, minyak goreng, daging, gula, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, dan buah-buahan. Selain itu, bazar pangan ini juga melibatkan UMKM lokal yang menjual berbagai macam produk seperti makanan dan minuman, serta berbagai macam keripik olahan rumahan. 

“Kami berharap dengan dilaksanakannya bazar pangan ini dapat mempermudah masyarakat sekitar dalam memperoleh dan memenuhi bahan-bahan pokok kebutuhan sehari-hari, dengan harga yang lebih murah 10 hingga 15 persen dari harga pasaran pada umumnya,” ucap Ida Bagus Mayun. 

Sri Karyawati menyampaikan, rangkaian Bulan Bung Karno VI Kecamatan Denpasar Timur berkolaborasi dengan Trigiska Fest 2024, melaksanakan berbagai lomba.

“Selain untuk memperingati Bulan Bung Karno, lomba yang digelar juga sebagai media informasi dan menekankan pentingnya mewarisi nilai-nilai kepemimpinan, kesejahteraan ekonomi, dan keberagaman budaya oleh Bung Karno,” ucapnya. 

Sebagai informasi, lomba yang digelar yakni lomba lagu wajib tingkat SD-SMP, lomba menggambar Bung Karno di tingkat SMP, serta lomba mewarnai tingkat anak-anak. @ mis

Komentar