nusabali

Peringatan Bulan Bung Karno VI Dilakukan Secara Gotong-royong

Menyentuh Seluruh Lapisan Masyarakat

  • www.nusabali.com-peringatan-bulan-bung-karno-vi-dilakukan-secara-gotong-royong

SINGARAJA, NusaBali - Peringatan Bulan Bung Karno VI tahun 2024 di Kabupaten Buleleng telah dilakukan mulai awal masuknya bulan Juni.

Peringatan tahun ini dijadikan momentum Pemerintah Kabupaten Buleleng (Pemkab) Buleleng dalam meningkatkan rasa kenegarawanan masyarakat dan berbagai rangkaian kegiatan pada Bulan Bung Karno pun dilakukan secara gotong-royong seluruh SKPD dengan tujuan menyentuh seluruh lapisan masyarakat Buleleng sampai ke pelosok desa. Demikian terungkap dalam dialog interaktif Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono. 

Peringatan Bulan Bung Karno di Buleleng sudah dilaksanakan pada awal masuknya bulan Juni 2024, yakni tepat pada tanggal 1 Juni 2024 yang merupakan Peringatan Hari Lahirnya Pancasila dilakukan Apel Bendera dan kegiatan pekan apresiasi seni pada malam harinya di RTH Bung Karno Sukasada. Kaban Kappa mengakui bahwasannya berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno di Buleleng telah disusun jauh-jauh hari bersama seluruh SKPD lingkup Pemkab Buleleng yang tentunya dibawah arahan Penjabat Bupati Buleleng. “Buleleng menjadi spesial dalam Peringatan Bulan Bung Karno adalah karena Ibunda Sang Proklamator berasal dari Buleleng. Makanya pada tanggal 1 Juni kemarin kami gelar pekan apresiasi seni di Taman Bung Karno yang sekaligus malam itu Penjabat Bupati Buleleng secara simbolis menyerahkan sepuluh juta Bendera Merah Mutih kepada masyarakat,” terang Kaban Kappa.

Ditambahkan, gelaran pekan apresiasi seni di RTH Bung Karno tidak hanya dilakukan pada awal Juni saja, melainkan sebulan penuh setiap malam minggu. Pihaknya menuturkan berbagai pertunjukan akan ditampilkan, tentunya yang berkaitan dengan seni, budaya dan tradisi serta nilai-nilai kebangsaan.

Selain itu, Kaban Kappa juga menyampaikan pada tanggal 6 Juni yang juga bertepatan dengan hari kelahiran Bung Karno dilaksanakan kegiatan Gerakan Generasi Muda Anti Narkoba dan juga lomba-lomba yang digarap oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng. “Setiap SKPD punya tugas menggelar kegiatan pada Bulan Bung Karno, ini adalah langkah gotong-royong pemerintah untuk memaksimalkan tujuan peningkatan rasa kenegarawanan di Kabupaten Buleleng,” ujarnya.

Menyikapi arus globaliasi yang sangat mempengaruhi tergerusnya rasa cinta tanah air terhadap generasi muda, Kaban Kappa bersama Pimpinan SKPD lainnya juga telah menyiapkan berbagai kegiatan yang mampu menggugah generasi muda untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam peringatan Bulan Bung Karno. Seperti halnya dengan mengadakan lomba vlog dan video pendek yang dinilai kini banyak digandrungi generasi muda. Pihaknya menerangkan bahwasannya pemerintah senantiasa menyesuaikan metode untuk menggugah minat atau daya tarik generasi muda untuk berpartisipasi aktif melestarikan seni, budaya dan tradisi yang ada di Buleleng. Hal itu  penting dilakukan dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat. “Kami harapkan masyarakat dapat sadar untuk bersama-sama menjaga generasi muda untuk tidak terjerumus dalam hal-hal negatif seperti Narkoba. Kepada generasi muda juga diminta untuk tidak melupakan nilai-nilai sejarah dan tidak hanya mengingat saja melainkan juga menerapkan ajaran Tri Sakti Bung Karno,” pungkas Kaban Kappa. 7 k23

Komentar