nusabali

Walikota Jaya Negara Dorong Akses Pendidikan Berkualitas

Hadiri Perayaan HUT SMPN 13 Denpasar

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-dorong-akses-pendidikan-berkualitas

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri peringatan HUT ke-5 SMPN 13 Denpasar, di sekolah setempat Desa Padangsambian Klod, Kecamatan Denpasar Barat, Sabtu (8/6). Walikota Jaya Negara mendorong peningkatan akses pendidikan yang merata untuk semua lapisan masyarakat.

Rangkaian kegiatan HUT SMPN 13 dimeriahkan dengan penampilan kreativitas siswa dengan pelepasan siswa kelas IX angkatan ke-III. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, Anak Agung Gede Wiratama, Perbekel Padangsambian Klod, I Gede Wijaya Saputra dan para orang tua siswa. Walikota Jaya Negara juga berkesempatan melakukan penandatangan prasasti bersama undangan lainnya. Usai itu, Jaya Negara meninjau lingkungan sekolah hingga kebun sekolah SMPN 13 Denpasar.

Walikota Jaya Negara menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengajar dan siswa SMPN 13 Denpasar yang telah mewujudkan pendidikan berkualitas. “Selamat Hari Jadi ke-5 SMPN 13 Denpasar. Mari bersama-sama bangun dan tingkatkan akses pendidikan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat di Kota Denpasar,” ujar Walikota Jaya Negara. 

Lebih lanjut Jaya Negara menyampaikan, pendidikan sekolah menengah pertama merupakan tahap penting dalam perkembangan akademik dan sosial siswa. Selain itu, pendidikan sekolah menengah pertama juga bertujuan untuk membentuk karakter yang baik, menginspirasi minat dalam belajar, dan membantu siswa menemukan potensi dan minat mereka.

Pemerintah Kota Denpasar menetapkan visi Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur, dan Unggul). Berbekal visi Kota Denpasar itu, pengembangan sumber daya manusia dan warisan budaya, atau heritage, menjadi modal, kekuatan, sekaligus tujuan penyelenggaraan pemerintahan, yakni Denpasar Maju. Diterjemahkan dalam misi 'Makmur' yang meningkatkan kemakmuran dan kualitas pendidikan, kesehatan dalam masyarakat yang berkeadilan. 

Jaya Negara juga menyampaikan bahwa, kualitas pendidikan di Kota Denpasar telah membawa peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Denpasar paling tinggi di Bali pada 2023 dengan besaran 84,68, dan rata-rata lama sekolah pada tahun 2023 mencapai  11,52. 

“Angka tersebut tidak terlepas dari peran pendidik di SMPN 13 Denpasar, dan momen HUT tahun ini dapat membawa peningkatan kualitas pendidikan, serta semakin kuatnya hubungan antara sekolah dan masyarakat. Selain itu, dapat memberikan inspirasi kepada siswa untuk meraih prestasi dan menjadi warga yang bertanggung jawab dalam masyarakat,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 13 Denpasar, Ni Made Sukarini menyampaikan, sekolah yang berdiri pada tahun 2019 ini, kali ini melaksanakan peringatan HUT sekaligus pelepasan siswa kelas IX. Kata Sukarini, pada usia yang masih balita ini, SMPN 13 Denpasar tidak pernah henti melakukan upaya mengutamakan kebutuhan anak didik yang saat ini telah menjadi sekolah penggerak. 

“Melaksanakan kegiatan pembelajaran berpusat pada pendidik, dan kami akan selalu berkoordinasi dengan orang tua siswa dan masyarakat sekitar. Kami Mohon dukungan kepada bapak Walikota dan seluruh jajaran Pemkot Denpasar, orang tua siswa dan masyarakat  sehingga kami bisa meluluskan anak-anak berbudi pakerti luhur dan berpengetahuan,” ujarnya.@mis

Komentar