nusabali

SMPN 2 Abang Kawinkan Gelar Pioneering KSC

  • www.nusabali.com-smpn-2-abang-kawinkan-gelar-pioneering-ksc

AMLAPURA, NusaBali - Regu putra-putri SMPN 2 Abang, Karangasem,9 berhasil mengawinkan gelar juara Lomba Pionering KSC (Karangasem Scout Competition) Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Abang. Lomba berlangsung di Lapangan Gajah Wea, Banjar Abang Kelod, Desa/Kecamatan Abang, Sabtu (8/6).

Atas gelar itu, regu putra dan putri SMPN 2 Abang berhak mewakili Kecamatan Abang di KSC Tingkat Kabupaten Karangasem, Selasa (18/6). Khusus untuk nomor penggalang, menurut Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Abang Ida Wayan Sugata, hanya melombakan nomor pinering. Sehingga penggalang di Kecamatan Abang diuji kemampuannya bidang menata tongkat dan tali, menjadi bentuk sebuah model bangunan.

Bertindak sebagai dewan juri, Ida Nyoman Sugata, Ida Ketut Rai Jendra, dan I Nyoman Putu Sutirta. Aspek penilaiannya, konstruksi memanfaatkan materi tongkat dan tali, ketepatan gunakan simpul, kekuatan konstruksi dan kerapian, serat kecepatan. Keluar sebagai juara Lomba Pionering KSC putra, SMPN 2 Abang, juara II SMPN 1 Abang dan juara III SMPN 5 Abang, sedangkan juara kelompok putri, juara I SMPN 2 Abang, juara II SMPN 5 Abang dan juara III SMPN 6 Abang.

Lomba diikuti 8 pangkalan untuk nomor putra dan putri nantinya diwakili SMPN 2 Abang. Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) SMPN 2 Abang Dr I Wayan Sarya mengatakan, untuk regu putra dipimpin I Wayan Dharma Wyasa dengan menampilkan pioneering Wing Flag, sedangkan regu putri dipimpin Ni Kadek Mila Noviyanti menampilkan pionering perayu layar.


"Cukup lama melakukan persiapan sebelum lomba, targetnya bukan sekadar lolos ke KSC Kabupaten Karangasem bahkan bisa ke KSC Provinsi, bila perlu ke KSC Nasional," jelas I Wayan Sarya. Sebab, di SMPN 2 Abang, ada ekstrakurikuler Pramuka dan siswa telah terbiasa terlatih pionering menggunakan 50 tongkat dan 50 tali.

Dewan juri I Nyoman Putu Sutirta mengatakan, persaingan antarpeserta sangat ketat sehingga pemenangnya meraih skor beda tipis. "Anak-anak memang terlatih, terlihat dari kerapian hasil pekerjaan, dan kecepatan waktu menata tongkat dan tali menjadi sebuah model," kata Kasek SDN 1 Abang itu.

I Nyoman Putu Sutirta juga mengatakan, selain Lomba Pionering KSC, juga melombakan tingkat siaga atau dari anak-anak SD, materi lombanya inovasi riang gembira. Keluar sebagai juara untuk kelompok putra, regu SDN 1 Tista, juara I untuk kelompok putri SDN 1 Abang, juara II SDN 1 Tiyingtali dan juara III SDN 3 Abang.

Nantinya hanya regu putra SDN 1 Tista dan regu putri SDN 1 Abang yang berhak mewakili Kwaran Abang  di KSC Kwarcab Karangasem. Di bagian lain, Kasek SMPN 1 Bebandem Dr Ni Wayan Parwati mengatakan di Kecamatan Bebandem tidak ada seleksi pionering. "Langsung SMPN 1 Bebandem mewakili Kecamatan Bebandem, karena tidak ada peserta lain yang mendaftar," katanya.7k16

Komentar