nusabali

Pohon Tumbang, Kerugian Rp 300 Juta

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-kerugian-rp-300-juta

Saat kejadian tidak ada hujan. Tapi angin cukup kencang. Kemungkinan pohonnya tumbang karena kondisinya sudah lapuk dan akibat hujan yang terjadi sebelumnya.

BANGLI, NusaBali  
Pohon beringin di Banjar Bengang, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli,  tumbang, Sabtu (8/6). Hingga Minggu (9/6), proses evakuasi masih berlangsung. Akibat kejadian itu warga yang menjadi korban mengalami kerugian ratusan juta rupiah. 

Kepala BPBD dan Damkar Bangli I Wayan Wardana mengatakan pohon tumbang terjadi karena kondisi pohon yang memang sudah mengalami pelapukan termakan usia. Selain itu, karena hujan yang tiada henti sejak sehari sebelumnya menyebabkan kondisi pohon yang sudah lapuk menjadi tumbang. 

"Dari pendataan sementara yang dilakukan, lanjutnya, dampak musibah tersebut menyebabkan kerugian material yang ditimbulkan mencapai Rp 300 juta," ungkapnya.

Sementara itu, untuk  upaya penanggulangan, telah diterjunkan tim reaksi cepat BPBD Bangli dibantu warga. "Upaya penanggulangan kami lakukan secara bertahap. Mengingat besarnya pohon yang tumbang melintang ke jalan, kami akan turunkan juga alat berat," kata Wayan Wardana. 

Mantan Camat Bangli ini kembali mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan bahaya cuaca ekstrem yang diperkirakan masih berpotensi terjadi hingga beberapa hari kedepan.

Korban akibat pohon tumbang Nyoman Suparta, 48, mengatakan musibah tersebut terjadi sekitar pukul 10.05 Wita. "Saat kejadian tidak ada hujan. Tapi angin cukup kencang. Kemungkinan pohonnya tumbang karena kondisinya sudah lapuk dan akibat hujan yang terjadi sebelumnya," jelasnya.

Disampaikan, pohon beringin yang tumbang berada di seberang jalan depan rumahnya. Hanya saja, karena besar dan tingginya pohon menyebabkan bagian dahannya hingga menimbun pekarangan rumahnya. Kerusakan yang terjadi berupa garase, bangunan dapur, kamar, dan sejumlah palinggih di Merajan. Selain itu, ada dua sepeda motor milik korban juga ikut tertimpa. "Dua motor saya yang rusak karena tertimpa pohon yakni Honda Prima dan Yamaha Yupiter," bebernya. 

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Pada saat pohon tumbang, terjadi secara perlahan, sehingga keluarga kami bisa cepat menyelamatkan diri. Meski demikian, kerugian material yang ditimbulkan diperkirakan mencapai ratusan juta. "Kami berharap ada bantuan yang diberikan instansi terkait," ujarnya. 7esa

Komentar