nusabali

Ketua Umum TP PKK Pusat Kunjungi Klungkung

  • www.nusabali.com-ketua-umum-tp-pkk-pusat-kunjungi-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Klungkung Ny Wiryani Jendrika menerima kunjungan kerja (kunker) Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, Senin (10/6).

Kunjungan dilanjutkan ke kebun Hatinya PKK di TOSS Center sembari menanam bibit cabai, panen jagung dan terong. Hadir, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny drg Ida Mahendra Jaya dan Sekda Klungkung Anak Agung Gede Lesmana.

Jendrika mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum TP PKK yang memilih Kabupaten Klungkung sebagai lokasi kunker. PKK merupakan gerakan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dimulai dari unit terkecil yakni keluarga. 

“Sejak tahun 2008 tercatat TP PKK Kabupaten Klungkung mendapatkan nominasi di tingkat nasional sebagai pelaksana terbaik kegiatan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan. Pada Jambore Nasional PKK Tahun 2024 di Surakarta, tim jingle Kabupaten Klungkung yang mewakili Provinsi Bali meraih juara dua nasional,” ujar Jendrika.

Jendrika menambahkan, TP PKK Kabupaten Klungkung membentuk Koperasi Gema Nadi Lestari yang punya unit usaha mengelola sampah anorganik dan kuliner khusus menu ikan. Unit usaha koperasi ini berperan dalam menjaga lingkungan dari sampah plastik dan mensosialisasikan program Gemar Makan Ikan (Gemarikan). 

Program ini berdampak terhadap penurunan angka stunting di Kabupaten Klungkung yang semula 7,7% menjadi 4,9%. “Semoga kunjungan ini bisa memberikan semangat dan motivasi kepada para kader PKK Kabupaten Klungkung,” harap Jendrika.

Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian mengajak para kader PKK untuk terus menjalankan seluruh program PKK dengan baik guna membantu pemerintah memajukan masyarakat. Program PKK antara lain, peningkatan SDM dengan menurunkan stunting, menjadikan masyarakat yang kuat dan sehat dalam menghadapi persaingan seluruh bangsa di dunia, dan menyukseskan program KB. 

Kader PKK juga dituntut prioritaskan menyiapkan generasi muda, anak dan ibu hamil sehat yang terpenuhi segala gizi dan nutrisinya. “Saya mengapresiasi TP PKK Kabupaten Klungkung atas beberapa program yang sudah dijalankan di antaranya mensosialisasikan program Gemar Makan Ikan yang berdampak pada penurunan angka stunting. Upaya ini sangat luar biasa semoga bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan ke depan,” harap Tri Tito. @ wan

Komentar