nusabali

Diumumkan Online, Siswa SMP Lulus 100 Persen

  • www.nusabali.com-diumumkan-online-siswa-smp-lulus-100-persen

BANGLI, NusaBali - Pengumuman kelulusan siswa kelas IX SMP di Karangasem, Senin (10/6). Siswa SMP dinyatakan lulus 100 persen. Sementara pengumuman dilakukan secara online dan ada beberapa sekolah melakukan tatap muka.

Seperti halnya di SMPN 2 Bangli, pengumuman dilakukan secara online. Kepala SMPN 2 Bangli I Wayan Agus Suardana mengatakan pengumuman dilakukan secara online. Hal ini dilakukan untuk menghindari perayaan berlebih dari para siswa. "Kami antisipasi agar tidak ada konvoi atau perayaan berlebih oleh siswa," ungkapnya. 

Menurut Agus Suardana, pengumuman dapat diakses langsung oleh siswa di rumah. Selain itu pengumuman juga di tempel di kantor desa/kelurahan. Siswa kelas IX jumlah 140 orang terdiri dari 77 siswa laki-laki dan 64 siswa perempuan. "Siswa kami lulus 100 persen berdasarkan penilaian yang telah dilakukan sekolah," ujarnya. 

Kepala sekolah asal Kelurahan Kubu, Bangli ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk bisa lulus, yakni siswa menyelesaikan proses pembelajaran dari semester 1-6. Dinilai pula dari segi kehadiran, nilai sikap minimal B serta minimal nilai ijasah 60. Kemudian untuk penilaian ijasah diambil dari nilai sumatif satuan pendidikan (SSP) semeter 1-6. Diakui nilai rata-rata siswa 74. 

Pasca pengumuman kelulusan ini, SMP 2 Bangli akan menggelar acara pelepasan pada Jumat (14/6) mendatang. "Acara pelepasan akan dirangkaian dengan kenaikan kelas VII dan VIII," sambungnya. 

Di sisi lain, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli IB Maha Arta mengatakan untuk pengumuman kelulusan SMP dilakukan serentak. Sebagian besar sekolah memilih melakukan pengumuman secara online. "Ada beberapa sekolah yang melakukan offline atau tatap muka," jelasnya. 

Berdasarkan data, tercatat ada 3.971 siswa kelas IX. Seluruh siswa kelas IX dinyatakan lulus 100 persen. Di Bangli sendiri terdapat 28 SMP yang tersebar di empat kecamatan. "Seluruhnya lulus, namun belum seluruh sekolah melakukan input data," imbuhnya.7esa

Komentar