nusabali

Polres Badung Edukasi Gejala Stroke kepada Personel

  • www.nusabali.com-polres-badung-edukasi-gejala-stroke-kepada-personel

MANGAPURA, NusaBali - Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) Polres Badung mengadakan edukasi mengenai gejala stroke serta cara mudah mengenali gejala dan tanda-tanda penyakit stroke kepada personel Polres Badung.

Edukasi ini disampaikan dalam apel pagi yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Badung, Jalan Kebo Iwa No 1, Mengwitani, Kecamatan Mengwi, pada Selasa (11/6) pagi.

Kasi Dokkes Polres Badung Iptu dr Pande Mirah Anggreni MARS, dalam kesempatan tersebut menjelaskan gejala penyakit stroke terjadi akibat terganggunya pasokan darah ke suatu bagian otak dapat menyebabkan kerusakan serius dan mematikan fungsi organ lainnya. “Ini sangat berbahaya dan dapat merusak dan mematikan fungsi organ lainnya,” ucap dr Mirah seizin Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, dihadapan para PJU dan ratusan personel Polres Badung.

Lebih lanjut dr Mirah menjelaskan beberapa jenis stroke yang menyerang tubuh manusia, antara lain stroke iskemik, yang terdiri dari dua jenis yakni stroke emboli dan stroke trombotik. Kedua jenis stroke ini adalah yang paling sering terjadi. Selain itu, terdapat pula stroke hemoragik atau stroke berdarah, yang terdiri dari perdarahan intraserebral dan perdarahan subarachnoid, di mana terjadi pecahnya pembuluh darah di otak.

Untuk memudahkan personel dalam mengenali gejala stroke, dr Mirah memperkenalkan slogan ‘SEGERA KE RS’ yang memiliki arti Senyum simetris dimana mulut/bibir tidak mencong kekanan atau kekiri, Gerak separuh anggota badan, Bicara pelo/tiba-tiba tidak bisa bicara, Kebas atau kesemutan, Rabun secara tiba-tiba, dan Sakit kepala hebat muncul secara tiba-tiba.

Di samping itu, dr Mirah juga memberikan tips pencegahan stroke dengan akronim ‘CERDIK’, yaitu Cek kesehatan secara rutin. Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres,” imbuhnya.

Acara edukasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana dr Mirah memberikan bingkisan kepada personel yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran personel Polres Badung mengenai pentingnya mengenali gejala stroke dan langkah-langkah pencegahannya. 7 cr79

Komentar