nusabali

Dinas Pertanian Periksa Kesehatan Hewan

  • www.nusabali.com-dinas-pertanian-periksa-kesehatan-hewan

SEMARAPURA, NusaBali - Tim Dinas Pertanian Klungkung bersama Polres Klungkung menggelar pemeriksaan hewan kurban di tempat penyedia, Rabu (12/6). Pemeriksaan untuk memastikan daging sehat dan terbebas dari penyakit menjelang Idul Adha.

Kadis Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida, mengatakan petugas melakukan pemeriksaan secara klinis terhadap hewan kurban di sejumlah lokasi pemotongan di Kabupaten Klungkung. 

Pemeriksaan dilakukan saat hewan kurban masih hidup dan setelah disembelih untuk memastikan daging sehat dan bisa dikonsumsi. Sebanyak 30 ekor kambing yang diperiksa petugas. 

Pemeriksaan ini akan terus dilakukan ke tempat penyedia hewan kurban. “Hingga saat ini hewan yang diperiksa kondisi klinisnya sehat,” ujar Juanida, Kamis (13/6). Namun Dinas Pertanian tidak melakukan survei khusus stok untuk Idul Adha karena kebutuhan langsung disiapkan oleh peternak dan kelompok-kelompok pemotong. 

“Survei awal kami sudah ke tempat pemotongan untuk mendapatkan jumlah ternak yang akan dipotong,” kata Juanida. Kebutuhan sapi juga tidak ada masalah. 7 wan

Komentar