nusabali

Tim Provinsi Nilai Inovasi Satu Hari Menjadi Orang Bali

  • www.nusabali.com-tim-provinsi-nilai-inovasi-satu-hari-menjadi-orang-bali

SEMARAPURA, NusaBali - Tim penilai lomba kreativitas inovasi teknologi masyarakat Bali Swacitta Nugraha menggelar penilaian terhadap inovasi yang digagas I Wayan Arsa asal Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Rabu (12/6).

Wayan Arsa membuat program inovasi ‘Satu Hari Menjadi Orang Bali’ dalam rangka melestarikan kuliner Bali dan pengembangan Desa Wisata Bakas. Lomba inovasi masyarakat ini diprakarsai oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Bali.

Lomba inovasi masyarakat ini sebagai wujud nyata semangat kreativitas dan inovasi yang tumbuh subur di tengah masyarakat. Wayan Arsa mengatakan, program inovatifnya ini menawarkan dan mengajarkan berbagai aktivitas keseharian masyarakat tradisional Hindu Bali kepada tamu yang menginap di rumah pribadinya. 


Mulai dari membuat sesajen, membuat masakan khas bumbu Bali, latihan menari, belanja ke pasar tradisional, dan menikmati keindahan alam di Desa Bakas. “Desa adat maupun desa dinas bahkan subak sangat mendukung program ini,” ujar Wayan Arsa.

Dengan semakin berkembangnya Desa Wisata Bakas akan memberikan dampak bagi perekonomian warga desa. Ketua rombongan tim penilai, Prof Dr Ir I Wayan Supartha mengatakan penganugerahan ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghasilkan dan memanfaatkan inovasi teknologi untuk mendukung kegiatannya sehingga menghasilkan produk yang berdaya saing dan bernilai jual.

Inti dari sebuah inovasi yakni ada ide atau karya baru yang belum pernah dimunculkan yang akan membawa perubahan ke arah kebaruan yang memberikan nilai tambah dan daya saing serta laku dijual. “Tidak cukup hanya sesuatu yang baru, namun cirinya ada transformasi perubahan bentuk ke arah kemajuan,” ujarnya.

Inovasi tidak bisa berjalan sendiri untuk berkembang, harus ada pendukung yakni manusia dalam memberdayakan sumber daya dan potensi yang ada. Kehadiran tim penilai dari Provinsi Bali ini disambut Sekda Klungkung Anak Agung Gde Lesmana bersama Kepala Brida Klungkung Ketut Budiarta. 7 wan

Komentar