nusabali

Enam Negara Ikuti Sport Tourism Kabaddi

  • www.nusabali.com-enam-negara-ikuti-sport-tourism-kabaddi

Keenam negara, yakni Indonesia, Malaysia, Timor Leste, Thailand, Taiwan dan Singapura. Selain itu, sejumlah kontingen PON juga terlibat, seperti dari Kalimantan Timur, Jawa Timur, NTB, Lampung, Sumatera Utara dan Aceh.

MANGUPURA, NusaBali
Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Badung akan melangsungkan event Koni Badung Sport Tourism (KBST) di Graha Budaya Lotring, Kecamatan Kuta, Badung, pada Sabtu (14/6). Kegiatan itu diikuti tim dari enam negara sekaligus. Selain itu, juga tim PON beberapa provinsi ikut hadir.

Ketua Umum Pengkab FOKSI Badung, I Kadek Sudharma Hariawan menerangkan, pelaksanaan KBST ini pesertanya dari enam negara, yakni Indonesia, Malaysia, Timor Leste, Thailand,  Taiwan dan Singapura. Untuk cabor Kabaddi resmi dibuka hari Kamis (13/6), meski cricket dan bridge telah mendahului. Pada event itu, ada tiga nomor yang akan dipertandingkan yakni national style, super fight dan three star. 

"Ini kali kedua menyelenggarakan event KBST. Pada event ini, ada ditambah satu negara China Taipei di luar negara Asia Tenggara yang terlibat. Kalau sebelumnya hanya ada lima negara khusus Asia Tenggara," jelas Sudharma Hariawan, Kamis (13/6). 

Diungkapkan Sudharma, event ini memberi dampak terhadap pariwisata di Badung dan Bali pada umumnya. Sebab, tim Kabaddi memang 30 orang, namun masing-masing negara membawa rombongan yang statusnya menjadi turis. Maka dipastikan, kedatangan rombongan itu melebihi jumlah yang ada. 

"Kalau tim itu kan 30 orang. Nah, di luar itu ada yang datang sebagai turis. Event sport tourism ini diharapkan oleh KONI Badung bisa mendatangkan banyak wisatawan dan ini sudah sesuai lewat olahraga mendukung pariwisata," terang Sudharma lagi.

Selain dari beberapa negara itu, ajang ini juga turut dihadiri oleh atlet yang akan turun di PON Aceh dan Sumatera Utara. Mereka akan tampil untuk uji coba menjelang event yang diselenggarakan pada September mendatang. Ada sejumlah kontingen PON yang terlibat seperti dari Kalimantan Timur, Jawa Timur, NTB, Lampung, Sumatera Utara dan Aceh. 

"Selain peserta internasional kegiatan didukung kehadiran peserta PON. Semua datang momentum uji coba bagi atlet PON," sebut Sudharma, Selain itu, khusus tim internasional juga akan membahas SEA Games Thailand untuk menentukan nomor yang akan dipertandingkan di ajang bergengsi itu. Sudharma menyatakan presiden Kabaddi juga hadir dan secara khusus mengadakan rapat hari ini serta juga menggelar simulasi.

"Bagi internasional juga jadi satu formula SEA Games tahun depan di Thailand, karena Kabaddi secara resmi dipertandingkan pertama kali di Sea Games Thailand,”kata Sudharma. 

“Sekarang selain kejuaraan, presiden kabaddi meeting di Bali untuk membahas Sea Games. Dari Bali akan lahir nomor-nomor untuk Sea Games. Hari ini simulasi nomor apa yang dipertandingkan nantinya," pungkas Kadek Sudharma Hariawan .dar

Komentar