nusabali

24 Siswa SMAN 2 Amlapura Raih Beasiswa Indonesia Pintar

  • www.nusabali.com-24-siswa-sman-2-amlapura-raih-beasiswa-indonesia-pintar

AMLAPURA, NusaBali - 24 siswa kurang mampu di SMAN 2 Amlapura akan menerima beasiswa dari PIP (Program Indonesia Pintar). Saat diusulkan siswa ini masih duduk di kelas XI dan kini naik ke kelas XII. Setiap siswa mendapatkan beasiswa nominal Rp 1,8 juta.

"Itu beasiswa untuk siswa kurang mampu, agar termotivasi lebih optimal belajar, dan ada biaya digunakan untuk bekal pendidikan," jelas Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa di ruang kerjanya, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Senin (17/6).

Syarat mendapatkan beasiswa, katanya, siswa mesti memiliki kartu KIP, PKH, kartu keluarga sejahtera, terdaftar dalam DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial) dan siswa terdata di dapodik (data pokok pendidikan).

"Dana untuk beasiswa itu telah ditransfer ke rekening siswa. Dengan adanya bantuan itu setidaknya siswa terbantu membeli pakaian, atau biaya sekolah lainnya," tambahnya.

Kata dia, usulan untuk mendapatkan beasiswa selain siswa dapat tanggungan BOS (biaya operasional sekolah), juga dilakukan setiap tahun. Namun seleksinya cukup ketat, mesti dibuktikan siswa dari keluarga kurang mampu, lolos verifikasi saat dilakukan kunjungan rumah.

Wakasek Kesiswaan I Ketut Artana membenarkan siswa kurang mampu dapat beasiswa PIP. "Usulannya lebih dari itu, yang lolos dan dinyatakan layak dapat beasiswa hanya 24 siswa," jelasnya.

Kata dia, syarat administrasi yang mesti terpenuhi, tidak mudah untuk mendapatkannya. Kriterianya, cukup ketat, sehingga siswa yang benar-benar dari keluarga kurang mampu mendapatkannya. Sebab, ada survei kunjung rumah, dicek kondisi rumah, keadaan orang tua, dan kondisi sekitarnya. Banyak kategori dapat beasiswa kurang mampu, di antaranya dari keluarga korban bencana, siswa drop out, korban musibah, memiliki lebih dari 3 saudara tinggal serumah, mengalami gangguan fisik, yatim piatu dan lain-lain, dari 24 siswa yang mendapatkan beasiswa, 11 laki dan 13 perempuan, misalnya 11 siswa laki-laki: I Wayan Raditya Adi Pratama, I Wayan Putu Adi Prayadnya, I Komang Darmayasa, I Wayan Yoga Sugiantara, I Nyoman Erik Gunawan, I Gede Galang Santika, Iqbal Fawwadz, I Kadek Dina Juliadi, I Komang Revan Ariana, I Gede Agus Dananjaya, dan I Komang Ariya. 

Lanjut I Ketut Artana, siswa yang telah diusulkan 79 orang agar dapat bantuan beasiswa, saat pengusulannya sebagian kelas X dan kelas XI, nantinya saat diterima mereka telah naik ke kelas XI dan kelas XII. "Saya berharap semua siswa yang masuk usulan, mendapatkan bantuan beasiswa sehingga mendapatkan keringanan biaya sekolah," harap I Ketut Artana, pendidik dari Desa Pesedahan, Kecamatan Manggis.

Ada lagi program Beasiswa Indonesia Maju Afirmasi Taman Sains IV (BIM TS IV) kerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, sebanyak 7 siswa lolos seleksi.7k16 

Komentar