nusabali

Rehab Pura Tanah Lot Sudah 50 Persen

  • www.nusabali.com-rehab-pura-tanah-lot-sudah-50-persen

TABANAN, NusaBali - Pemugaran dan renovasi Pura Tanah Lot, di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, telah rampung 50 persen. Pengerjaan ditarget tuntas September 2024 sebelum pelaksanaan pujawali di pura setempat.

Dari pantauan, Selasa (18/6), di areal luhur Pura Tanah Lot masih terlihat kegiatan perbaikan panyengker dan piyasan. Sementara di kawasan DTW Tanah Lot ini juga terlihat sejumlah penataan, seperti bale saka enam. 

Sekretaris Pangempon Pura Luhur Tanah Lot I Putu Toni Wirawan mengatakan renovasi di areal pura luhur sudah rampung 50 persen. Pengerjaan baru 50 persen dikarenakan mobilisasi membawa bahan untuk kegiatan penataan di Luhur disesuaikan dengan jadwal pasang surut gelombang air laut.
 
Namun, pengerjaan tahap awal ini diharapkan bisa rampung pada September 2024. Nantinya setelah rampung tahap I dan pelaksanaan pujawali di Pura Luhur Tanah Lot, barulah kembali dilanjutkan dengan pemugaran tahap II untuk bagian palinggih. 

“Panyengker sudah mulai rampung, diharapkan kontraktor bisa menyelesaikan tahap awal ini bulan September untuk selanjutnya dilakukan upacara,” ujar Toni Wirawan, Selasa (18/6). 

Disebutkan tak hanya bagian palinggih dan panyengker, pemugaran juga dilakukan pada bale saka enam, karena kondisi bangunan yang sudah cukup lama. 

“Diperbaiki dan diperlebar, dan ini juga sudah persetujuan pangempon dan Mangku Pura Tanah Lot. Bangunan ini nantinya bisa digunakan untuk persiapan karya dan lainnya,” ucap Toni Wirawan. 

Dari pantauan ada juga penataan di areal taman yang rencananya dibangun setapak di pinggir trotoar agar terlihat lebih rapi. 

“Pengerjaan penataan dilakukan bersamaan, agar nantinya saat upacara Ngulap Ambe dan Pamelaspasan Alit jelang pujawali di Pura Luhur Tanah Lot yang digelar setelah Hari Raya Kuningan bisa dilakukan secara menyeluruh,” tandas Toni Wirawan. 7 des

Komentar