nusabali

Polres Tebar Ribuan Benih Ikan di Danau Batur

  • www.nusabali.com-polres-tebar-ribuan-benih-ikan-di-danau-batur

BANGLI, NusaBali - Aksi tebar benih ikan nila di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, dilakukan jajaran Polres Bangli, Selasa (18/6). Selain menebar ribuan benih ikan, juga dilakukan penuangan eco enzym.

Kabag SDM Polres Bangli Kompol Made Adi Suryawan mengatakan kegiatan menebar benih ikan dan penuangan eco enzym dalam rangka Hut Bhayangkara ke-78. Kegiatan ini juga untuk melestarikan populasi ikan di Danau Batur. 

"Tujuan dilaksanakan penebaran benih ikan dan eco enzym  hari ini adalah untuk mengembalikan ekosistem Danau Batur, khususnya populasi ikan dan air danau  akibat eksploitasi yang berlebihan, selain dampak dari siklus fenomena semburan belerang yang rutin terjadi setiap tahun," jelasnya.


Menurut Kompol Suryawan, jajaran Polres Bangli menebar benih ikan 5.000 ekor dan eco enzym di Danau Batur tepat di wilayah Desa Kedisan. "Kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung ketahanan pangan dalam percepatan traspormasi ekonomi dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 78, tanggal 1 Juli 2024," ujarnya.

Masih di wilayah Kintamani, digelar pula kegiatan penanaman pohon. Mantan Kapolsek Bangli ini menambahkan penanaman pohom serangkaian peran Polri melaksanakan penghijauan, utamanya di lahan tandus. 

Kata dia, penghijauan harus dilakukan sejak dini, karena melalui penghijauan alam akan terjaga. Terlebih di wilayah Kintamani  masih ada lahan yang gersang dan perlu mengembalikan serta meningkatkan efektivitas lahan agar berfungsi kembali dengan baik.

Jenis bibit pohon yang ditanam, diantaranya jati belanda dan pohon kayu putih. Aksi penanaman pohon ini  juga dibarengi dengan penyerahan paket sembako kepada perwakilan masyarakat setempat.7esa

Komentar