nusabali

Indonesia Kirim 41 Atlet ke AUG

  • www.nusabali.com-indonesia-kirim-41-atlet-ke-aug

JAKARTA, NusaBali - Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN University Games (AUG) pada 25 Juni-7 Juli 2024 di Surabaya dan Malang, Jawa Timur (Jatim). Di AUG tersebut, cabang olahraga (cabor) atletik mengirimkan 41 atlet. Mereka berasal dari sejumlah daerah di tanah air, tetapi tidak ada dari Bali.

"Sebagai tuan rumah, kami mengerahkan 41 atlet. Rinciannya, 21 atlet putra dan 20 atlet putri. Kami mengikuti semua nomor yang dipertandingkan, yakni 42 nomor," ujar Manager Tim Atletik Indonesia, Suryo Agung Wibowo kepada NusaBali, Selasa (18/6).

Suryo mengatakan, ke-41 atlet terpilih mewakili Indonesia karena dilihat dari hasil POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) dan rangking nasionalnya. Mereka antara lain, berasal dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bangka Belitung dan Sumatera Utara. Kini, mereka menjalani Training Camp (TC) di masing-masing daerah.

Mereka akan berangkat ke Surabaya pada 30 Juni nanti. Kemudian 1 Juli menjalani latihan bersama. "Atletik mulai bertanding dari 2-5 Juli mendatang," terang mantan atlet atletik ini. Dari 41 atlet tersebut, kata Suryo, ada lima atlet Pelatnas yang turut memperkuat tim merah putih.

Mereka adalah Lalu Muhammad Zohri di nomor lari 100 meter dan 4x100 meter. Intan Violin dan Halida Ulfa di 10 km jalan cepat. Selanjutnya Diki Chandra dan Pandu Sukarya di 3.000 meter. Saat ini, mereka masih menjalani latihan di Pelatnas. Zohri di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Sementara empat orang lainnya berlatih di Pangalengan, Jawa Barat.

Pada AUG 2022 di Thailand, cabor atletik mendapatkan satu medali emas. Di AUG 2024 ini, cabor atletik ditargetkan meraih 10 medali emas. Suryo optimis target bisa tercapai. Lantaran tim diperkuat oleh atlet-atlet terbaik dan mereka juga ada yang peringkat satu atau dua nasional. "Jadi, Insya Allah target tercapai," kata Suryo. 7 k22

Komentar