nusabali

Lolos dengan Angka 34.876, Paket Karisma Siap Diverfak

  • www.nusabali.com-lolos-dengan-angka-34876-paket-karisma-siap-diverfak

AMLAPURA, NusaBali - Bakal pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati dari jalur perseorangan (independen,red), I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Jaya  (Karisma) makin mantap menapak Pilkada Karangasem 2024.

Hasil verfikasi administrasi perbaikan kesatu telah dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Karangasem, melalui Berita Acara (BA) Nomor 124/PL.02.2-BA/5107VI/2024 yang menyebutkan paket Karisma memenuhi syarat (MS) dengan mengantongi sebanyak 34.876 dukungan. Sementara syarat miminal sesuai ketentuan perundang-undangan sebesar 33.053.

Berdasarkan pemberitahuan KPU Karangasem, verifikasi faktual (verfak) akan dilaksanakan mulai 21 Juni 2024. Dalam rangka persiapan verfak,  Selasa (18/6) sore, Tim Pemenangan Karisma mengundang Koordinator Kecamatan (Korcam) Karisma dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem. Kegiatan yang digelar di Sekretariat Pemenangan Karisma, Jalan Untung Surapati, Karangasem tersebut sekaligus memberikan  pembekalan kepada para Korcam dalam pelaksanaan verfak nanti.  

Hadir Bakal Calon Wakil Bupati, I Ketut Putra Isamaya Jaya, Sekretaris Tim Pemenangan Ngurah Gede Maharjana, Bendahara Tim, Cokorda Eka, serta sejumlah relawan Karisma. Hadir memberikan sosialisasi verfak, anggota KPU Karangasem, Wayan Suartika. 


Rencananya verfak akan dilaksanakan dari 21 Juni hingga 4 Juli 2024 mendatang. Verfak ini akan dilakukan oleh petugas PPS menggunakan  metode mendatangi pendukung ke rumah-rumah. Jika tidak ditemukan maka petugas akan meminta tim pasangan calon untuk mengumpulkan di kantor desa atau di tempat yang disepakati. 

Jika belum juga ditemui, pendukung bersangkutan akan dihubungi melalui video call, terakhir diminta untuk membuatkan video rekaman yang akan disetorkan ke KPU

Sementara itu, Putra Ismaya Jaya yang akrab di panggil Jro Bima meminta para pendukungnya dalam proses verfak nanti agar mengedepankan sopan santun dan harus bersahabat. “Mari kita sambut petugas verfak dengan senyum dan sikap ramah tamah,” pinta Jro Bima yang juga sebagai Ketua Umum Yayasan Ksatria Keris Bali ini dalam keterangan tertulis diterima, Selasa.

Sementara Ketua Tim Pemenangan Karisma, I Ketut Rudia mengaku siap menyambut kedatang tim verfak dari KPU Karangasem. “Kami sudah membentuk Korcam di tingkat kecamatan dan Kordes di tingkat desa/kelurahan. 

Mereka juga sudah dibekali pemahaman yang cukup soal mekanisme verfak nanti,” ujar mantan Ketua Bawaslu Bali 2013-2018 ini. Rudia juga meminta para Kordes untuk segera melakukan koordinasi dengan  para PPS di tingkat desa/kelurahan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi agar verfak dapat berjalan dengan baik.n nat

Komentar