nusabali

Paguyuban Seni Swarna Gianyar Pukau Penonton PKB

  • www.nusabali.com-paguyuban-seni-swarna-gianyar-pukau-penonton-pkb

GIANYAR, NusaBali - Gong Kebyar Wanita Duta Kabupaten Gianyar Paguyuban Seni Swarna Gianyar tampil memukau pada parade Gong Kebyar Wanita di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Denpasar, Selasa (18/6) malam.

Gong Kebyar Wanita Paguyuban Seni Swarna Gianyar bersanding dengan Komunitas Budaya Sanggar Seni Baswaram duta Kabupaten Klungkung dan Sanggar Seni Manik Manggis duta Kabupaten Karangasem.

Penampilan Gong Kebyar Wanita Paguyuban Seni Swarna Gianyar disaksikan langsung oleh Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa bersama jajaran. Ini sebagai bentuk dukungan semangat kepada duta Gianyar yang tampil. Penampilan Gong Kebyar Wanita Paguyuban Seni Swarna Gianyar diawali dengan Tabuh Kreasi Sunari yang terinspirasi dari ‘Sunari’. 


Sunari adalah bambu panjang dengan tujuh lubang dengan bentuk segitiga, bulat, bulan sabit, tegak lurus, lesung, swastika, dan segi empat. Keragaman bentuk lubang menghasilkan suara merdu dan merangsang kebangkitan aktivitas ke tujuh cakra pada manusia. Tabuh Kreasi Sunari diciptakan oleh I Ketut Cater dan Dewa Putu Berata.

Dilanjutkan dengan menampilkan Tari Kreasi Kanyaka Sura yang menggambarkan keelokan dan keanggunan para bidadari kahyangan. Bidadari ini ikut membantu pasukan Dewa Indra menyerang Mayadanawa. Tari ini diciptakan oleh Tjokorda Istri Putra Padmini dan I Wayan Darya. 

Penampilan ditutup dengan Tari Sandyagita Pangkah Pongah yang menggambarkan perilaku umat manusia yang cenderung terlepas dari jati diri. Menimbulkan kegamangan warga untuk menemukan sosok panutan yang mampu menata napas kehidupan budaya yang kian terkikis. 

Persembahan duta Kabupaten Gianyar mendapatkan respon luar biasa dari seluruh undangan dan ribuan penonton yang hadir. 7 nvi

Komentar