nusabali

Undiksha Singaraja Ambil Sumpah 42 Dokter Muda Angkatan Pertama

  • www.nusabali.com-undiksha-singaraja-ambil-sumpah-42-dokter-muda-angkatan-pertama

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 42 dokter muda diambil sumpahnya pada Rabu (19/6) di Auditorium Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Buleleng.

Puluhan dokter muda itu adalah angkatan pertama Fakultas Kedokteran Undiksha Singaraja tahun 2018. Mereka dilantik dan diambil sumpahnya oleh Dekan Fakultas Kedokteran Undiksha Prof Dr M Ahmad Djojosugito dr SpOT(K) MHA MBA.

Rektor Undiksha Prof Dr I Wayan Lasmawan MPd yang ikut hadir menyaksikan penyumpahan itu menyampaikan, untuk pertama kalinya Undiksha melahirkan 42 orang dokter muda dari angkatan pertama. Ia meyakini akreditasi Prodi Kedokteran bisa semakin unggul. Hal ini dengan berkaca pada akumulasi kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPDD) Undiksha yang di atas rata-rata nasional.

Rektor asal Desa Bonyoh, Kecamatan Kintamani, Bangli ini berharap Prodi Kedokteran dan Fakultas Kedokteran yang baru berdiri pada tahun 2018 lalu ini, bisa berkembang dan berdaya saing. Hal ini tentunya didukung dengan peningkatan sumber daya, fasilitas pembelajarannya, dan pendanaannya. 

Meski lulusan perdana, dia meyakini para dokter muda tersebut mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi, utamanya teknologi kesehatan yang saat ini sedang berkembang. “Mereka akan memperjuangkan moral kemanusiaan. Moral akademik harus diperjuangkan dengan kasus yang dihadapi didepan mata ditengah masyarakat,” kata Prof Dr I Wayan Lasmawan.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Kedokteran Undiksha Prof Djojosugito mengatakan, para dokter muda yang baru lulus ini akan membawa misi luar biasa. Dimana dokter merupakan profesi yang mulia dan berkaitan dengan nyawa manusia. Mereka pun, diminta untuk terus mengasah ilmunya. Mengingat saat ini ilmu dalam kedokteran terus mengalami perkembangan.

“Karena ilmu kedokteran itu terus berkembang sepanjang ayat. Kami wajibkan mereka ini terus mengikuti perkembangan ilmu yang saat ini berkembang,” ujarnya.

Prof Djojosugito menyebut, lulusan dokter muda ini juga sebagai lulusan yang mampu memperoleh nilai di atas rata-rata nasional. Hal itu, disebut menjadi kebanggan bagi kampus. Pasalnya di Undiksha Singaraja, Fakultas Kedokteran saat ini baru berumur 5 tahun. “Nilai CBT dan OSCE di kedokteran Undiksha, lebih tinggi dari rata-rata nasional. Nilai rata-rata di Undiksha 68,8 sampai 91,6. Itu nilai terendahnya saja lebih tinggi dari skala nasional yang hanya 63,” jelasnya.@mzk

Komentar