nusabali

Misi Poin Penuh Slovenia dan Serbia

  • www.nusabali.com-misi-poin-penuh-slovenia-dan-serbia

MUNICH, NusaBali - Duel Slovenia kontra Serbia dalam matchday 2 Grup C Euro 2024 jadi misi wajib menang bagi kedua tim. Kedua tim akan ‘saling bunuh’ untuk meraih poin penuh dalam laga di Stadion Allianz Arena, Munich, Kamis (20/6), 21.00 WITA itu.

Pasalnya, kedua tim gagal meraih kemenangan pada laga pembuka. Serbia kalah 0-1 dari Inggris, dan Slovenia imbang 1-1 kontra Denmark. Ya, kemenangan akan kembali membuka harapan lolos ke babak knockout. Sebaliknya, kekalahan akan menyulitkan peluang mereka.

Apapun hasil laga matchday kedua secara matematis memang belum menutup sama sekali peluang lolos bagi Slovenia dan Serbia. Mereka masih bisa memperjuangkan peluang lolos lewat jalur tim peringkat ketiga terbaik, jika sanggup memaksimalkan matchday ketiga. 

Di lagan anti Slovenia diprediksi tidak akan mengubah pola permainan. Diakui pelatih Matjaž Kek, pada menit awal kontra Denmark sangat tidak mudah bagi Slovenia. Pasalnya banyak pemain Slovenia yang belum punya pengalaman tampil di turnamen besar.

"Saya pikir kami akan belajar dari pengalaman ini. Ketika sebuah tim memainkan laga kedua atau ketiga di turnamen besar, mereka tentu akan lebih kuat sejak awal laga," ucap Kek, di laman resmi UEFA.

Secara umum Kek tidak kecewa dengan permainan timnya. Terutama dari sisi kekompakan bermain. Di laga itu Denmark dapat melepaskan hingga 16 tembakan, tapi hanya empat tepat mengarah ke gawang Jan Oblak. 

Statistik bertahan Slovenia juga terbilang bagus, dengan 47 ball recovered, 6 blocks, dan 15 tekel. Slovenia mampu melakukan 31 sapuan bola berhasil, dari 34 kali percobaan. Hal itu pula yang relatif membuat Oblak tidak terlalu bekerja keras di laga lalu. 

Di sisi lain, Serbia wajib waspada terhadap tingkat kepercayaan diri para pemain Slovenia. Apalagi di laga kali ini tekanan jelas mengarah ke Serbia. Mereka juru kunci Grup C, sehingga wajib menang jika masih ingin menjaga peluang lolos.

Satu sisi positifnya, Serbia terhitung lebih agresif daripada Inggris. Serbia melepaskan enam tembakan, walau hanya satu tepat sasaran. Sedangkan Inggris membuat lima tembakan, dan tiga diantaranya tepat sasaran.

"Slovenia punya beberapa individu hebat, tim yang padu, dan berbahaya saat serangan balik. Kami harus waspada," ucap bek Nikola Milenković. *

Komentar