nusabali

Jadi Favorit Pelajar, Kunjungan Bajra Sandhi Lampaui 37.500 Orang

  • www.nusabali.com-jadi-favorit-pelajar-kunjungan-bajra-sandhi-lampaui-37500-orang

DENPASAR, NusaBali.com – UPTD Monumen Perjuangan Rakyat Bali mencatat total kunjungan wisatawan ke Bajra Sandhi di semester pertama 2024 ini sudah melampaui setengah target kunjungan tahunan.

“Kami menargetkan total kunjungan tahun ini sebanyak 75.000 orang, sama seperti tahun lalu yang masih dalam suasana pandemi Covid-19. Hingga Juni ini, lebih dari 50 persennya sudah tercapai,” ungkap Kepala UPTD Monumen Perjuangan Rakyat Bali I Made Artana Yasa ketika ditemui Rabu (19/6/2024).

Kata Artana, Bajra Sandhi kedatangan rata-rata 500 orang per hari yang terdiri dari rombongan pelajar dan keluarga, wisatawan domestik (wisdom) dari luar Bali, serta wisatawan mancanegara (wisman). Di antara kalangan pengunjung ini, wisdom Nusantara yang mendominasi.

Kala jeda semester seperti sekarang ini, Bajra Sandhi menjadi destinasi study tour para pelajar dari luar Pulau Dewata, khususnya dari Pulau Jawa. Rombongan pelajar luar Bali paling banyak berasal dari sekolah-sekolah di Jawa Tengah.

“Kami memiliki 33 koleksi diorama yang merekonstruksi perjuangan rakyat Bali melawan penjajah. Kami juga ada ruang pantau (bird view) di lantai tiga. Monumen ini tingginya 45 meter, sesuai tahun kemerdekaan RI,” beber Artana.

Bajra Sandhi disebut masuk ke dalam paket wajib study tour yang ditawarkan agen perjalanan. Monumen sekaligus museum berbentuk genta ini biasanya dipaketkan dengan UPTD lain di bawah Dinas Kebudayaan Provinsi Bali seperti Museum Bali dan Taman Budaya Bali (Art Center), Denpasar; terlebih di momen Pesta Kesenian Bali (PKB) seperti saat ini.

Kata Artana, berbarengan dengan PKB XLVI 2024 ini masyarakat Bali juga mulai berkunjung ke Bajra Sandhi. Masyarakat Bali dari luar Denpasar, khususnya yang menempuh perjalanan jauh ke pusat kota untuk PKB, menyempatkan diri berkunjung ke tempat wisata lain di sudut-sudut kota, termasuk Bajra Sandhi. *rat

Komentar