nusabali

Solar Tercecer di Tikungan Kangkang

  • www.nusabali.com-solar-tercecer-di-tikungan-kangkang

AMLAPURA, NusaBali - Ceceran solar kembali terjadi di jalur Amlapura – Singaraja, tepatnya di tikungan Banjar Kangkang, dekat Kantor Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (20/6) pukul 08.40 Wita. Ceceran solar ditemukan setelah Perbekel Kerta Mandala I Made Oka Darma dapat laporan warga.

Warga melaporkan karena jalan aspal itu basah padahal tidak ada hujan. Khawatir menimbulkan kecelakaan, maka Oka Darma langsung melaporkan ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem. Laporan diterima Kasi (Kepala Seksi) PKPE (Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi) Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika.

Darma Kartika kemudian mengerahkan 5 anggotanya melakukan penanganan cepat, di sebelah kiri jalan arah Singaraja, berlanjut melakukan pembersihan agar jalan tidak licin. 

Petugas melakukan penyemprotan gunakan foam berupa bahan kimia yang berbentuk busa atau lebih dikenal dengan istilah AFFF (aqueous film forming foam) dengan cara disemprotkan di jalan yang berisi oli, guna menetralisir oli. Selanjutnya disemprotkan dengan 4.000 liter air, sehingga jalan tidak licin lagi.

"Memang harus gunakan foam, untuk menetralisir solar, agar jalan tidak licin, selanjutnya dibersihkan gunakan air," jelas I Wayan Putu Darma Kartika.

Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem, katanya, sering menangani ceceran solar di jalan. Dia mengapresiasi atas tindakan cepat dilakukan Perbekel Kereta Mandala, Kecamatan Abang, melaporkan kejadian itu, sebelum jatuh korban. Apalagi jalan provinsi itu, di jalur Amlapura-Singaraja yang padat arus lalulintas.

Jika jalan yang berisi solar dilalui pengendara sepeda motor, pengendara akan jatuh, karena jalan licin.

Sebelumnya, di tempat yang sama, solar tumpah ke jalan, di Banjar Kang-Kang, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Minggu (3 Oktober 2021), kemudian hal itu terjadi juga di tikungan Banjar Kangkang, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem menyebabkan kecelakaan pesepeda motor, korban dua ibu-ibu jatuh terpeleset di jalan aspal, Senin (13/5).

Diperkirakan kendaraan yang angkut solar ke arah Singaraja. Karena di Kecamatan Kubu ada proyek galian C yang memerlukan bahan bakar solar.

Perbekel Oka Darma tidak mengetahui penyebabnya kenapa di jalur itu sering ada ceceran solar. "Begitu dilaporkan warga ada ceceran solar, langsung saya laporkan ke Pos Pemadam Kebakaran, agar tidak terjadi kecelakaan," ujarnya.7k16

Komentar