nusabali

OSN SD Provinsi Bali Diikuti Siswa Terbaik

  • www.nusabali.com-osn-sd-provinsi-bali-diikuti-siswa-terbaik

AMLAPURA, NusaBali - Pelaksanaan OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat Provinsi Bali  pada hari pertama diikuti 5 siswa SD terbaik. OSN digelar secara online dengan mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), di SDN 6 Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Kamis (20/6).

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana memaparkan, OSN Tingkat Provinsi Bali jadwalnya 20-21 Juni, hari pertama melombakan IPA, dan hari kedua, Matematika.

OSN Tingkat Provinsi Bali ini, kata dia, merupakan salah satu rangkaian, lanjutan dari OSN Tingkat Kabupaten, sehingga siswa terbaik tingkat kabupaten yang berhak ikut OSN Tingkat Provinsi Bali, masing-masing 5 siswa terbaik di tiap mata pelajaran.

Lima siswa terbaik dari mata pelajaran IPA dan 5 siswa dari mata pelajaran Matematika, dari Karangasem yang berhak mewakili kabupaten Karangasem. Sebanyak itulah, siswa yang memiliki talenta di bidang sains, dalam OSN dengan mengusung tema: "Merdeka Berprestasi, Talenta Sains menginspirasi."

Pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Bali 2024 katanya pengawasannya melalui zoom meeting. Setiap peserta sebelum ikut OSN, mesti membawa perangkat yang telah diinstal aplikasi zoom meeting dengan menggunakan 2 perangkat kamera, satu kamera membidik utuh wajah peserta, satu lagi membidik meja kerja dan layar laptop atau komputer dengan jarak 1 - 1,2 meter. 


"Pengawasannya melalui zoom meeting, ruangannya juga terpantau, sehingga selain peserta dan pengawas tidak boleh masuk ruang tempat lomba," jelasnya. Pengumuman OSN Tingkat Provinsi Bali, nantinya 3 Juli 2024, dan pelaksanaan OSN Tingkat Nasional, 5-11 Agustus. Secara teknis, katanya, tidak ada kendala pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Bali, akses internet lancar, fasilitas siswa tidak menemui hambatan.

Lima siswa yang ikut OSN Tingkat Provinsi Bali, mewakili Karangasem untuk mata pelajaran IPA, yakni I Komang Adi Surya Dana dari SDN 7 Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kadek Arumi Putri Wardana dari SDN 6 Karangasem, Ni Ketut Iswari Astari Putri dari SDN 2 Karangasem, Ni Putu Ayu Suci Septiani Putri dari SDN 12 Karangasem dan Ni Putu Keisha Nathania Arsana dari SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem.

Sedangkan lima siswa yang lolos mata pelajaran Matematika, yakni Afrilia Azzahra dari SDN 12 Karangasem, I Gede Keynan Arnanda Wistin dari SD Insan Mandiri Amlapura, I Gusti Ngurah Kecava Widnyana Putra dari SD Insan Mandiri Amlapura, I Putu Jay James Brooks dari SDN 5 Karangasem, dan Ni Kadek Kapitarianti Utami dari SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem.

Di bagian lain Kasek SDN 4 Padangkerta I Wayan Sarja mengatakan, secara teknis anak didiknya yang ikut OSN Tingkat Provinsi tidak menemui kendala. "Hanya saja kualitas tes lebih sulit di bandingkan OSN Tingkat Kabupaten Karangasem," katanya.

Sebelumnya Disdikpora Karangasem menggelar seleksi OSN Tingkat Kabupaten Karangasem, untuk mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) pesertanya 90 siswa dan Matematika sebanyak 87 siswa, 27 Mei.7k16

Komentar