nusabali

Pemkot Denpasar Siapkan Business Plan, Pengelolaan Dermaga Sanur Belum Diserahkan

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-siapkan-business-plan-pengelolaan-dermaga-sanur-belum-diserahkan

Jaya Negara mengatakan business plan ini untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Denpasar

DENPASAR, NusaBali - Meskipun pengelolaan Dermaga Sanur di Pantai Matahari Terbit, Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan belum diserahkan dari pusat, Pemkot Denpasar tengah menyiapkan business plan (rencana bisnis,red) untuk jangka panjang. Rencana tersebut telah disiapkan dan disampaikan ke Kementerian Perhubungan RI, Rabu (20/6).

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Direktur Utama Perumda Bhukti Praja Sewakadharma Nyoman Putrawan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Ketur Sriawan serta Perbekel Desa Sanur Kaja I Made Sudana menghadap langsung ke Menhub Budi Karya Sumadi untuk melakukan diskusi jangka panjang keterlibatan Pemkot Denpasar dalam pengelolaan Dermaga Sanur. 

Saat dihubungi, Walikota Denpasar Jaya Negara mengatakan business plan ini untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Denpasar. Hal ini juga sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan efisiensi operasional Pelabuhan Sanur sebagai gerbang utama bagi pariwisata di Bali, khususnya Kota Denpasar. 

Jaya Negara mengatakan, rencana tersebut pada prinsipnya mencakup pembagian lokasi pelabuhan untuk penyeberangan, pengembangan fasilitas penumpang, modernisasi terminal kargo, serta peningkatan aksesibilitas dan keamanan. 

“Saya sangat optimis bahwa dengan dukungan penuh dari Kementerian Perhubungan, kami dapat mewujudkan visi ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan pengalaman wisatawan yang datang ke Bali melalui Pelabuhan Sanur,” ujar politisi senior yang juga Sekretaris DPD PDIP Bali ini. 

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan menambahkan, bahwa audiensi ini dilaksanakan dalam rangka mohon arahan proses persiapan pengalihan personil, peralatan, pembiayaan dan dokumen (P3D) Pelabuhan Sanur ke Pemerintah Kota Denpasar. 

Dengan tuntasnya P3D Pelabuhan Sanur ke Kota Denpasar, penataan kawasan yang terintegrasi dapat segera dilakukan. “Termasuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan kenyamanan wisata di wilayah sanur serta bersama mewujudkan keselamatan pelayaran di Pelabuhan Sanur,” ujar Sriawan. 

Terkait penyerahan pengelolaan kata dia, saat ini masih masih berproses, proses tersebut belum diketahui sampai bulan atau tahun berapa. “Belum (diserahkan,red) ke Pemkot Denpasar. Tetapi, sekarang sudah berproses, jadi kita masih menunggu,” ujar Sriawan.mis

Komentar