nusabali

Gagal di Porjar Bali, KONI Kumpulkan Ketua Cabor

Nariana Gundah Badung Nomor Dua

  • www.nusabali.com-gagal-di-porjar-bali-koni-kumpulkan-ketua-cabor

Denpasar unggul jauh dalam perolehan medali emas yaitu 309 medali emas, sedangkan kontingen pelajar Badung hanya meraup 251 medali emas.

MANGUPURA, NusaBali
Ketua Umum KONI Badung Made Nariana gundah melihat kontingen Gumi Keris nomor dua, setelah Kota Denpasar pada Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali. Karena itu, KONI Badung segera mengumpulkan ketua dan pengurus organiasi cabor untuk menargetkan juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2025.

Kegundaan Nariana diungkapkan saat rapat bersama para Ketua Pengurus cabang olahraga (cabor) di Hotel Sunset 100, Kecamatan Kuta, Badung. Ya, Nariana mengaku gundah atas hasil yang dicapai atlet pelajar Badung dalam Porjar Bali belum lama ini.

"Denpasar unggul jauh dalam perolehan medali emas yaitu 309 medali emas, sedangkan kontingen pelajar Badung hanya meraup 251 medali emas," ungkap Nariana, Kamis (20/6).

Nariana berharap kondisi tersebut tidak berpengaruh dan merembet terhadap hasil Porprov Bali 2025. Walaupun Porjar ranahnya Dispora, namun pengurus cabor harus tetap melakukan evaluasi, setelah Badung di urutan kedua Porjar Bali. 

“Ya, harapannya ini tidak merembet sampai Porprov, karena targetnya di Porprov, Badung harus jadi juara umum sepuluh kali berturut-turut," tegas Nariana, yang juga mantan Ketua KONI Bali ini.

Selain menyoroti hasil Porjar, Nariana juga mengatensi prestasi dalam PON Aceh/Sumut 2024. Hal ini menjadi perhatiannya karena Badung mengirim atlet terbanyak untuk kontingen Bali. Sebanyak 173 atlet Badung diharapkan mendominasi peraih emas di PON, seperti PON Papua 2021. 

Nariana juga berpesan khusus untuk kepengurusan cabor dibawah KONI Badung untuk bekerja membenahi organisasi. Personel pengurus cabor jangan terlalu banyak sehingga memudahkan koordinasi antar pengurus, pelatih, dan para atlet. 

"Atlet berprestasi itu tidak by accident, tapi by design. Atlet harus disiapkan dari sekarang untuk menghadapi Porprov 2025. Oleh sebab itu, kalau pengurus sibuk, pengurus harus memberi kepercayaan penuh kepada para pelatih," pinta Nariana

Hal senada juga disampaikan Sekum KONI Badung Made Sutama, dengan mengingatkan kepada pengurus cabor untuk meningkatkan kebersamaan pengurus cabor dan atlet. Jangan sampai ada suasana yang tidak harmonis, karena akan berpengaruh terhadap capaian prestasi. Baginya cabor mendapat medali emas dalam ajang PON itu penting, tapi lebih penting memperoleh medali emas dan menjadi juara umum dalam ajang Porprov Bali.

"Juara umum Porprov mendatang itu harus Badung, ini ditentukan oleh pengurus, jadi (pengurus) tolong lebih serius dalam membina para atlet mulai sekarang," tegas Sutama.

Ada beberapa cabor yang jadi catatan Sutama agar dalam Porprov 2025 mampu meraih medali emas dan jadi juara umum, diantaranya menembak, tenis meja, sepak bola, dan balapsSepeda. Untuk Sepak bola, menurut Sutama, paling spesial karena walaupun emasnya cuma satu , tapi emas mahkota. Jadi untuk tahun depan, sepak bola wajib mendapatkan medali emas. dar

Komentar