nusabali

Peringatan 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-India

Yoga Massal Libatkan 700 Peserta

  • www.nusabali.com-peringatan-75-tahun-hubungan-diplomatik-indonesia-india

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 700 orang mengikuti kegiatan yoga secara massal di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan) Badung, Jumat (21/6).

Yoga secara massal ini digelar Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda (SVCC) Bali bekerja sama dengan Yogamantra Bali untuk memperingati 75 tahun hubungan diplomatik India-Indonesia, Konsulat Jenderal India dan Pusat Kebudayaan SVCC Bali. 

Yoga massal ini dihadiri langsung Kadis Pariwisata Provinsi Bali, Tjokorda Bagus Pemayun, anggota komunitas India, tokoh bisnis, penggiat yoga, dan akademisi. 

Konsul Jenderal Dr Shashank Vikram mengatakan, yoga ini juga digelar untuk memperingati Hari Yoga Internasional ke-10. Dalam aksi yoga secara massal ini diikuti sebanyak 700 orang dari 21 komunitas yoga yang ada di Bali. Menurutnya, besarnya manfaat yoga dan bagaimana Hari Yoga Internasional telah menjadi bagian dari kalender dunia. Sebanyak 30 pra acara Hari Yoga Internasional diselenggarakan di berbagai tempat penting di delapan kabupaten dan kota di Bali termasuk Taman Soekarno di Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan untuk mempromosikan yoga dan menyebarkan manfaatnya kepada seluruh masyarakat Bali. “Acara pembukaan tirai untuk memulai Hari Yoga Internasional ke-10 diadakan pada tanggal 14 Juni, hanya seminggu sebelum acara utama di Pulau Nusa Dharma yang ikonis dan memikat yang dihadiri dan dinikmati oleh lebih dari 400 pakar dan penggiat yoga di Provinsi Bali,” ujar Shashank. 

Sementara pendiri Yogamantra Bali, Prajkta Bansode mengatakan, yoga berasal dari India kuno telah menjadi fenomena global dengan banyak manfaat, termasuk fokus, keseimbangan, dan ketahanan. “Yoga bukan hanya latihan fisik tetapi perjalanan mental, emosional dan spiritual yang menghubungkan jiwa dengan raga,” tegas Prajkta Bansode.

Dia mengajak masyarakat untuk bergandengan tangan dan menyatukan hati dalam merayakan kebaikan yoga untuk penemuan, penyembuhan,
dan perkembangan diri. mis

Komentar