nusabali

Marching Band SMPN 2 Amlapura, Siap Meriahkan Puncak Peringatan HUT Kota Amlapura

  • www.nusabali.com-marching-band-smpn-2-amlapura-siap-meriahkan-puncak-peringatan-hut-kota-amlapura

AMLAPURA, NusaBali - Marching Band Githa Gargitha SMPN 2 Amlapura bersiap pentas untuk memeriahkan memeriahkan puncak peringatan HUT ke-384 Kota Amlapura. Acara akan digelar di Lapangan Taman Budaya Candra Bhuana, Jalan Kapten Gebun, Amlapura, Sabtu (22/6).

"Secara teknis tidak ada kendala melakukan persiapan. Kini hanya memantapkan bagian tari karena pesertanya siswa baru," jelas guru pembina Ni Kadek Sri Agustini, bersama I Komang Sumantara di sela-sela persiapan di halaman SMPN 2 Amlapura, Jalan Sudirman, Amlapura, Jumat (21/6).

Marching Band (MB) Githa Gargitha, jelasnya, melibatkan 105 siswa dengan dirigen I Gusti Ayu Gek Aswidiasari, mayoret Ni Kadek Kriscahyanti Permata Putri. MB ini menampilkan empat lagu, yakni pipalapida, lati, battle, dan meraih bintang. "Tampil sekitar 15 menit, setelah acara pembukaan," tambahnya.

Kata Sri Agustini, kebanyakan anggota MB siswa yang baru naik ke kelas VIII dan kelas IX. Semuanya telah berbagi tugas, terutama memainkan alat musik. Alat musik yang dimainkan, seperti brass jenis alat tiup, hight yakni terompet, middle berupa instrumen dengan suara sedang, PIT (percussion in tone) yang mengambil posisi paling depan yang tidak ikut dalam baris-berbaris.


"Nanti juga ada gerakan formasi, sambil memainkan musik juga memainkan seni baris berbaris," tambahnya.

Di bagian lain Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan mengatakan tampilnya Marching Band Githa Gargitha SMPN 2 Amlapura di puncak HUT Kota Amlapura, rutin diundang setiap tahun, itulah sebabnya konsisten berlatih.

"Di sini ada ekstrakurikuler marching band, setiap ada siswa baru ada peserta baru, sedangkan yang kelas IX telah tamat digantikan peserta yang baru, selalu demikian pembinaannya berkelanjutan," katanya.

Sehingga peserta baru, katanya tinggal menyesuaikan dengan seniornya, hanya sekitar enam bulan berlatih, pendatang baru telah mampu tampil optimal. Latihan rutin di sekolah, setiap Minggu pagi.

Jauh sebelum Pemkab Karangasem memiliki grup marching band, di setiap perayaan hari-hari besar nasional, marching band SMPN 2 Amlapura yang diundang tampil di lapangan tanah Aron, saat HUT RI.7k16

Komentar