nusabali

Kadek Richo Incar Emas AUG

  • www.nusabali.com-kadek-richo-incar-emas-aug

JAKARTA, NusaBali - Kadek Richo Dwi Paracara menargetkan medali emas dalam ASEAN University Games (AUG), di Universitas Muhammadiyah, Malang, Jawa Timur, 2-6 Juli. Dari 25 pesilat tim AUG Indonesia, hanya Kadek Richo yang berasal dari Bali. So, dia pun bangga membawa nama Bali maupun Indonesia di kejuaraan tersebut.

"Bangga sekali bisa bertanding mewakili nama tanah air sendiri di AUG. Ini merupakan moment tertinggi dalam karir saya selama ini. Besar harapan saya, bisa meraih medali emas. Semoga Tuhan memberikan jalan di ajang ini," ujar Kadek Richo, Jumat (21/6).

Kadek Richo dipanggil memperkuat Tim Indonesia, karena juara di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2023 Kalimantan Selatan (Kalsel). Saat itu, dia mengalahkan pesilat tuan rumah di penyisihan. Di semifinal, mengalahkan atlet Jawa Timur.

"Di final, saya melawan atlet Jawa Barat dan meraih medali emas," kata Kadek Richo, yang mahasiswa semester enam Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Warmadewa. 

Kadek Richo ingin prestasi medali emas di Pomnas terulang di AUG. Sebagai persiapan, dia menjalani latihan secara rutin. Menurutnya, kali ini keikutsertaan pertamanya di AUG. Meski begitu, Richo mempersiapkan diri dengan baik. 

Saya ikut latihan bersama tim Pelatda PON Bali, karena belum ada pemusatan latihan," terang Kadek Richo. 

Latihan bersama tim PON dilakukan sejak minggu lalu, karena Pelatda PON Bali memang baru dimulai. Sebelumnya, Kadek Richo menjalani latihan tiga kali seminggu. 
Sisanya, dia latihan secara individu di rumah bersama pesilat Bali yang meraih medali perak SEA Games 2023 Kamboja, Kadek Andre.

"Untuk lokasi latihan bersama Pelatda PON Bali di GOR Lila Bhuana. Saat pemusatan, latihan di Batu Mekaem, yang jadi pusat latihan perguruan pencak silat Bakti Negara," kata Kadek Richo. 

Mengenai peta persaingan di AUG, Kadek Richo menilai, semua lawan kuat. Menurutnya, semua lawan kuat. Tidak ada lawan yang tidak kuat, maka Richo pun tidak pernah berhenti berlatih. 

“Lantaran semua lawan pasti mempersiapkan dirinya dengan baik," jelas Kadek Richo. k22

Komentar