nusabali

Polandia Tim Pertama Angkat Kaki

  • www.nusabali.com-polandia-tim-pertama-angkat-kaki

BERLIN, NusaBali - Polandia dipastikan menjadi tim perama yang angkat kaki dan tersingkir dari Piala Eropa (Euro) 2024, setelah laga Belanda dan Prancis berakhir imbang tanpa gol. Ya, Polandia sendiri telah menelan dua kekalahan di Grup D yaitu 1-2 dari Belanda, dan terbaru kalah 1-3 dari Austria, Jumat (21/6) malam Wita, di Olimpiastadium, Berlin.

Polandia di posisi terakhir Grup D Euro 2024 dan belum memiliki nilai dalam dua laga terakhir. Posisi pertama dan kedua ditempati Belanda dan Prancis yang sama-sama punya nilai 4. Austria membayangi dengan nilai 3.

Polandia sebenarnya bisa bertahan, jika Belanda mengalahkan Prancis. Hal tersebut hampir terjadi bila gol Xavi Simons untuk Belanda di babak kedua tidak dianulir wasit Anthony Taylor, karena Denzel Dumfries dinilai dalam posisi offside saat bola masuk ke gawang Prancis.

Pelatih Polandia Michał Probierz usai laga mengatakan, timnya terlalu banyak kehilangan bola yang menyebabkan kekalahan. Probierz juga sedih dan kecewa karena gagal memaksimalkan peran Robert Lewandowski. Penyerang senior Polandai itu absen saat laga pertama dengan kekalahan 1-2 dari Belanda.

"Sepertinya kita bisa mengontrol pertandingan ini, tetapi kami justru sering kehilangan bola yang pada akhirnya membuat kami kalah," kata Probierz.

Meski sudah dipastikan tersingkir, Polandia masih harus bermain melawan Prancis dalam laga penutup Grup D pada Selasa (25/6).

Sebenarnya Hongaria yang belum meraih kemenangan di Grup A juga berpotensi tersingkir. Namun mereka mmpu meraih posisi tiga karena lawan terakhir Hongaria adalah Skotlandia yang baru meraih satu poin.

Di Piala Eropa kali ini, selain posisi 1-2 grup, akan ada empat tim yang menyusul dengan predikat posisi ketiga terbaik dari seluruh grup. Syaratnya, antara lain harus memiliki poin lebih tinggi dari tim posisi tiga lainnya, unggul selisih gol dan jumlah produktivitas gol.

Probierz mengatakan tim melewatkan momen saat pencetak gol terbanyak sepanjang masa Robert Lewandowski memasuki laga melawan Austria yang kemudian memastikan langkah mereka terhenti, meski masih menyisakan satu laga terakhir kontra Prancis.

“Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sangat intensif, dan kami memutuskan bersama tim medis, dan Lewandowski sendiri, bahwa dia tidak akan bermain sejak menit pertama,” kata Probierz. ant

Komentar