nusabali

Dahan Pohon Tumbang Timpa Truk

  • www.nusabali.com-dahan-pohon-tumbang-timpa-truk

NEGARA, NusaBali - Peristiwa dahan pohon tumbang terjadi di Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (23/6) dini hari. Tumbangnya dahan pohon perindang jenis Trembesi ini menimpa sebuah truk kontainer yang tengah melintas di lokasi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana Putra mengatakan, kejadian itu dilaporkan pada sekitar pukul 03.45 Wita. Kejadian berawal saat truk kontainer yang melaju dari arah Denpasar ke Gilimanuk itu hendak menghindari mobil yang menyalip dari arah berlawanan. 

Namun saat berusaha agak menepi itu, tiba-tiba dahan pohon di depannya roboh dan menimpa bagian atas kepala truk. Dahan pohon yang tumbang itu jenis Trembesi dengan tinggi 10 meter dan diameter sekitar 10 centimeter. "Penyebabnya karena kondisi dahan pohon sudah lapuk. Kemudian juga angin yang belakangan cukup kencang," ujar Agus Artana. 

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun laporkan kerugian material dalam peristiwa tersebut. Namun arus lalu lintas sempat terganggu. Petugas dari BPBD bersama pihak kepolisian, PLN, dan masyarakat segera datang ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dahan pohon dan mengatur lalu lintas. 

Penanganan dimulai pada pukul 04.10 Wita dan selesai pada pukul 04.44 Wita. "Proses penanganan sempat terhambat karna dahan berada di antara kabel PLN yang melintang. Makanya tim kita sempat menunggu kedatangan tim dari PLN," ujar Agus Artana. 

Agus Artana mengatakan, kondisi angin yang cukup kencang akhir-akhir ini cukup rawan menyebabkan bencana pohon tumbang. Pihaknya pun mengimbau agar pengguna jalan selalu berhati-hati dan melapor kepada instansi terkait jika melihat ada pohon yang sudah rapuh atau berpotensi tumbang.7ode

Komentar