nusabali

Pemkot Beri Ruang Seniman Musik Muda Melalui Ajang D’Youth Festival

  • www.nusabali.com-pemkot-beri-ruang-seniman-musik-muda-melalui-ajang-dyouth-festival

DENPASAR, NusaBali - Pemkot Denpasar memberikan ruang berekspresi bagi seniman muda khususnya pelaku seni musik di Kota Denpasar dengan menggelar Festival Band ‘Sound of Kodya’. Festival band ini rangkaian dari Denpasar Youth (D’Youth) Festival 2024.

Sebanyak 10 band sudah masuk grand final yang sebelumnya mengikuti babak penyisihan di Graha Yowana Suci (GYS) Denpasar. Sepuluh band tersebut diberi kesempatan tampil langsung di depan puluhan penonton dan pejabat Pemkot Denpasar di Ruang Taksu Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar pada Minggu (23/6). 

Babak grand final yang berlangsung seru disaksikan Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara, dan Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Denpasar I Wayan Hendaryana. 

Wawali Arya Wibawa mengemukakan, festival band bertajuk Sound of Kodya serangkaian D’Youth Fest ini merupakan bentuk konsistensi dan perhatian Pemerintah Kota Denpasar terhadap anak muda. Mereka diberikan ruang ekspresi bagi pecinta musik, khususnya anak muda yang tergabung dalam band. 

“Saya kira kini anak muda di Kota Denpasar sudah banyak yang ikut band. Di sekolah-sekolah kita jumpai banyak sekali terbentuk group band, sehingga kegiatan ini menjadi ruang bagi anak muda pecinta band untuk mengasah kemampuannya dalam bidang musik,” ujarnya. 

Wawali Arya Wibawa mengatakan setiap peserta yang masuk pada babak final ini telah mampu membawakan sajian musik yang apik dan memberikan hiburan bagi setiap penonton yang hadir.  

“Dari seluruh peserta semua tampil baik, suara bagus, menguasa panggung, dan ini diharapkan akan lahir group band atau group musik di Kota Denpasar. Selain menghibur, juga dapat menjadi wahana kreativitas dan ajang untuk bersosialisasi dan bahkan mendulang prestasi,” kata birokrat asal Pedungan, Denpasar Selatan ini. 

Ketua Panitia Sound of Kodya I Putu Okan Mustika menyatakan kegiatan ini merupakan audisi band pelajar dan umum. Ajang ini bertujuan untuk memfasilitasi kreativitas anak muda dalam bermusik, dengan tidak membatasi ruang umur. 

Disampaikan, kegiatan kolaborasi Sound of Kodya bersama D’Youth Fest akan menjadi puncak kreativitas naungan anak muda khususnya di bidang musik. Tahun ini, sebanyak 28 band terdaftar menjadi peserta, setelah mengikuti tahap penyisihan, sebanyak 10 band masuk pada babak grand final. 

Hal ini juga sesuai dengan tema Sound of Kodya yakni ‘music insecure’ di mana musik itu adalah obat dan semua genre musik boleh masuk dalam kegiatan ini. “Ada juga peserta yang masih duduk di bangku sekolah dasar, dan ini sangat menjadi pacuan semangat antarpeserta untuk menjadi yang terbaik,” tandas Okan Mustika. 7 mis

Komentar