nusabali

PPDB Satuan Pendidikan Dasar Dimulai Hari Ini

  • www.nusabali.com-ppdb-satuan-pendidikan-dasar-dimulai-hari-ini

Proses PPDB di jenjang SD sudah dimulai per hari ini Senin (24/6) hingga Sabtu (29/6) mendatang. 

SINGARAJA, NusaBali - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024-2025 pada satuan pendidikan dasar jenjang PAUD, SD dan SMP dimulai hari ini Senin (24/6). Khusus untuk jenjang SD, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng menyatakan daya tampung masih surplus.
 
Sekretaris Disdikpora Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata Minggu (23/6) kemarin mengatakan, sudah melakukan pemetaan daya tampung di masing-masing jenjang satuan pendidikan. Khusus untuk di jenjang SD total daya tampung siswa sebanyak 15.568 orang. Daya tampung itu tersebar di 456 SD negeri dan 9 SD swasta, 5 MIN negeri dan 20 MIN swasta.
 
“Kalau dilihat dari daya tampung SD dan disandingkan rata-rata siswa yang melanjutkan di tingkat kelas 1 sebanyak  11.604 siswa, hampir semua siswa tamatan PAUD maupun anak usia sekolah yang tidak PAUD, dapat ditampung di seluruh satuan pendidikan yang ada,” ucap Surya Bharata.
 
Proses PPDB di jenjang SD sudah dimulai per hari ini Senin (24/6) hingga Sabtu (29/6) mendatang. Lalu akan diumumkan pada tanggal 1 Juli dan diberikan kesempatan untuk melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 2-12 Juli mendatang.
 
Surya Bharata menyebut, proses PPDB di jenjang SD hampir seluruhnya masih menggunakan sistem konvensional. Orang tua datang ke sekolah langsung untuk mendaftarkan anaknya. Namun dari ratusan SD yang ada di Buleleng ada tiga sekolah yang menjadi pilot project pendaftaran online. Ketiga yakni SDN 1,3 Banjar Jawa dan SDN 1 Banjar Paketan.
 
“Animo masyarakat sangat tinggi di tiga sekolah ini sehingga Dinas memberikan kewenangan kepada sekolah untuk menentukan jalur zona, afirmasi dan jalur perpindahan orang tua. Sekolah melakukan seleksi mandiri dengan catatan transparansi dalam penerimaan. Kalau di sekolah lain hanya memberlakukan jalur zonasi, sebarannya masih bisa terbagi,” papar Surya Bharata.7 k23

Komentar