nusabali

Disdikpora Pastikan Daya Tampung SD dan SMP Memadai

  • www.nusabali.com-disdikpora-pastikan-daya-tampung-sd-dan-smp-memadai

BANGLI, NusaBali - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli memastikan jumlah daya tampung SD maupun SMP di Bangli untuk PPDB (penerimaan peserta didik baru) 2024 memadai. Hal itu diungkapkan Kepala Disdikpora Bangli I Komang Pariarta, Minggu (23/6).

Kata dia, jumlah lulusan jenjang SD tahun 2024 sebanyak 3.852 orang, sedangkan SMP 3.864 orang. Daya tamping  untuk SD 5.312 dan 4.544 untuk SMP. "Jadi berdasarkan data dan jumlah sekolah yang ada, itu cukup memadai untuk menampung anak-anak yang lulus di masing-masing satuan pendidikan," jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakan, jadwal PPDB pada jenjang SD dibuka mulai tanggal 24 Juni - 29 Juni 2024. Pengumuman PPDB dijadwalkan pada 1 Juli, pendaftaran kembali 2 Juli - 12 Juli. Untuk jenjang SMP, pendaftaran khususnya pada jalur zonasi dibuka 24 Juni - 27 Juni.

Kepala dinas asal Desa Tamanbali, Bangli, ini mengaku pihaknya melakukan berbagai upaya untuk pemerataan siswa di masing-masing sekolah. Salah satunya dengan rayonisasi. Disdikpora juga melakukan sosialisasi pada orangtua siswa bahwa saat ini tidak ada sekolah unggulan atau yang diunggulkan. Dengan itu tidak ada penumpukan calon peserta didik di satu sekolah tertentu. "Dengan adanya kurikulum merdeka serta digitalisasi pendidikan saat ini, subjek penentu kesuksesan ada pada peserta didik, bukan pada sekolah," tegasnya. 

Untuk PPDB 2024 pula, Disdikpora Bangli juga membentuk posko pengaduan di Kantor Disdikpora Bangli dan di masing-masing sekolah. "Posko pengaduan ini untuk menjembatani tatkala ada persoalan-persoalan selama pelaksanaan PPDB," ujarnya.7esa

Komentar