nusabali

Dirjen Diktiristek Ajak Humas PTN dan LLDIKTI Kolaborasi Jaga Reputasi Institusi

  • www.nusabali.com-dirjen-diktiristek-ajak-humas-ptn-dan-lldikti-kolaborasi-jaga-reputasi-institusi

MANGUPURA, NusaBali - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Abdul Haris mengajak seluruh Hubungan Masyarakat (Humas) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) untuk berkolaborasi membangun dan menjaga reputasi dan citra institusi pendidikan tinggi.

Hal ini disampaikan Dirjen Haris saat memberi pengarahan pada pembukaan Rapat Kerja Kehumasan Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan pada Rabu (19/6) di Badung, Bali, seperti dikutip dalam laman kemdikbud.go.id.

Dirjen Haris mengingatkan bahwa humas mempunyai tugas yang sangat penting yaitu membangun dan menjaga reputasi dan citra baik institusi. Reputasi perlu dibangun dengan serius. Hal ini karena reputasi merupakan modal dasar untuk membawa institusi menjadi akuntabel dan terbuka sehingga mendapat pengakuan  dari  publik.

“Ini tugas penting humas. Untuk itu, reputasi dan citra positif yang sudah ada perlu dipertahankan dengan diseminasikan melalui  berita-berita baik, dan sebarkan prestasi dan capaian Diktiristek. Selain itu, humas harus proaktif mengidentifikasi dan menangani isu-isu yang berdampak pada citra dan reputasi institusi,” pesan Dirjen Haris.

Selain itu, Dirjen Haris berpesan kepada para insan humas pendidikan tinggi untuk meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas kinerja. Hal ini penting karena humas merupakan salah satu kanal untuk implementasi good governance melalui penyediaan dan penyebaran informasi yang dibutuhkan publik serta merespon cepat keluhan-keluhan masyarakat.

Terakhir, Dirjen Haris mengajak insan humas Diktiristek, PTN, dan LLDIKTI untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kreativitas dalam menyajikan informasi yang akurat, jelas, dan informatif kepada masyarakat. Humas merupakan garda terdepan dalam mengomunikasikan kebijakan/program pemerintah untuk kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Setditjen Diktiristek) Yayat Hendayana mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Ditjen Diktiristek, menyampaikan bahwa Rapat Kerja Kehumasan Pendidikan Tinggi Tahun 2024 mengusung tema kreasi, kolaborasi, dan sinergi. Melalui tema ini, diharpakan terjalin kolaborasi dan sinergi antarhumas perguruan tinggi dan LLDIKTI dalam orkestrasi diseminasi implementasi kebijakan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia.

Lebih lanjut, Yayat menjelaskan bahwa raker ini juga sebagai upaya penguatan kapasitas humas PTN dan LLDIKTI. “Di ajang ini kami juga menghadirkan narasumber pakar dan praktisi di bidang kehumasan, media massa, dan media sosial yang akan berbagi ilmu tentang komunikasi proaktif, pengelolaan komunikasi krisis, hubungan dengan media, dan pengelolaan komunikasi krisis,” ungkap Yayat.

Adapun narasumber dan mentor pada kegiatan ini antara lain, Wakil Sekretaris Umum Perhumas, Fardila Astari; Managing Director Imogen PR, Jojo S. Nugroho; Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia, Sari Soegondo; Konsultan Komunikasi Digital, Rulli Nasrullah; dan Koordinator Komunikasi dan Layanan Informasi Publik, Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Khoiria Oktaviani.

Rapat Kerja (Raker) Kehumasan Pendidikan Tinggi Tahun 2024 diselenggarakan pada 19-21 Juni 2024 di Badung, Bali. Hadir dalam kegiatan ini perwakilan humas 74 PTN dan 17 LLDIKTI di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Selain menerima pembekalan dan materi penguatan kapasitas kehumasan, peserta raker juga mengikuti lokakarya penyusunan strategi komunikasi. Dalam lokakarya ini, peserta raker dibagi dalam sepuluh kelompok untuk mendiskusikan dan merancang strategi komunikasi kolaboratif yang akan digunakan untuk mendiseminasikan berbagai program/kebijakan tentang transformasi pendidikan tinggi.

Luaran dari lokakarya ini diharapkan dapat memantik kerja-kerja kolaboratif antarperguruan tinggi dalam publikasi program/kebijakan di bidang pendidikan tinggi. Selain itu diharapkan terjalin komunikasi yang erat antarhumas di bidang pendidikan tinggi untuk saling mengokohkan citra positif dan reputasi institusi.

Raker ini juga menjadi ajang sosialisasi panduan Anugerah Humas Diktiristek 2024. Panduan ini merupakan acuan bagi PTN dan LLDIKTI dalam penyusunan proposal/laporan yang akan dikompetisikan di Anugerah Diktiristek 2024. 7

Komentar