nusabali

Pembelajaran di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Bakal Full Digital

  • www.nusabali.com-pembelajaran-di-perguruan-tinggi-keagamaan-negeri-bakal-full-digital

JAKARTA, NusaBali - Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama saat ini sedang merancang Corporate University atau kampus perusahaan.

Adapun dalam rancangan tersebut menyebutkan bahwa Massive Open Online Course (MOOC) merupakan salah satu rukun penting yang harus ada.

“Salah satu alasan mengapa beberapa waktu terakhir ini UKT menjadi mahal adalah karena kita masih berpikir secara konvensional. Cost pendidikan akan mahal karena kita akan berbicara tentang infrastruktur yang berbasis pada perawatan atau pembangunan, sehingga pelatihan berbasis MOOC merupakan solusi yang tepat,” ujar Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Suyitno di Jakarta, seperti diansir okezone.com, Jumat (21/6).

Menurutnya, MOOC yang digunakan dalam Corporate University (CorpU) nantinya merupakan proses pembelajaran atau pelatihan yang dilakukan secara full e-learning. “Oleh karena itu, dalam pelatihan MOOC dikatakan digitalisasi materi, semua digital bahkan kita sudah memakai synchronous- asynchronous,” ucapnya dalam kegiatan Coaching Massive Open Online Course (MOOC) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, di Mercure Hotel, Jakarta.

Pelaksanaan pelatihan, lanjut Suyitno, yang akan digunakan dalam CorpU tidak lagi berdasarkan pada kebutuhan kebutuhan perorangan tetapi berdasarkan pada kebutuhan perusahaan yang dalam hal ini adalah Kementerian Agama. Adapun salah satu dampak yang ditimbulkan dari hal tersebut adalah beberapa mata kuliah atau mata diklat yang ada saat ini menjadi tidak relevan lagi.

“Banyaknya mata diklat atau kuliah yang tidak relevan tersebut akan memberikan dampak lainnya khususnya kepada widyaiswara atau dosen. Nantinya, mereka yang kehilangan mata kuliah atau mata diklatnya suka tidak suka harus mengubah mata diklat atau beradaptasi dengan mata diklat yang baru,” ujarnya.

Melalui coaching MOOC yang dilakukan oleh Pusdiklat Teknis, Suyitno berharap mampu melahirkan mindset berani untuk berubah. “Kalau kita sudah berpikir how to change, maka hal yang tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan infrastruktur yang ada di kampus kita masing-masing dan yang lebih penting lagi setelah selesai nanti adalah langsung beraksi,” katanya. 7

Komentar