nusabali

Belgia Bangkit, dan Pantas Menang

Lukaku Cetak Tiga Gol dan Semua Dianulir Wasit

  • www.nusabali.com-belgia-bangkit-dan-pantas-menang

Setelah pertandingan pertama, saya tidak merasa khawatir. Menurut saya, kami juga tidak bermain buruk dalam laga itu. Tentu saja kami melakukan beberapa kesalahan, tetapi kami menciptakan peluang meski tidak bisa mencetak gol.

KOLN, NusaBali
Belgia bangkit dan menang 2-0 atas Rumania dalam laga kedua Grup E Euro 2024 di Cologne Stadium, Minggu (23/6) dinihari WITA. Kapten Belgia, Kevin De Bruyne, menegaskan timnya pantas menang dalam pertandingan tersebut. 

Gol kemenangan Belgia dicetak Youri Tielemans pada menit ke-2 dan Kevin De Bruyne pada menit ke-80. Sukses itu jadi tiga poin pertama Belgia di Euro 2024 setelah pada laga pertama kalah 0-1 dari Slovakia dalam laga pertamanya di Grup E.

Kemenangan atas Rumania membuat Belgia kembali memiliki peluang lolos ke 16 besar Euro 2024. Tiga poin yang menjadi bukti kebangkitan Belgia ini membuat persaingan di Grup E Euro 2024 sangat sengit.

Kevin De Bruyne pun menegaskan, meski Belgia sempat kalah dari Slovakia, itu tidak menyurutkan keyakinannya di Euro 2024. Apalagi, menurut De Bruyne, Belgia mampu menciptakan banyak peluang, yang berhasil dikonversi lebih baik dalam laga lawan Rumania.

"Setelah pertandingan pertama, saya tidak merasa khawatir. Menurut saya, kami juga tidak bermain buruk dalam laga itu. Tentu saja kami melakukan beberapa kesalahan, tetapi kami menciptakan peluang meski tidak bisa mencetak gol," ujar Kevin De Bruyne di laman UEFA.

De Bruyne mencetak gol kedua yang sekaligus mengamankan tiga poin pertama Belgia di Euro 2024. Mengenai gol tersebut, Kevin De Bruyne tak banyak berkomentar. Menurutnya, tim melakukan beberapa tembakan ke gawang dalam latihan. 

"Kami memiliki semangat dan energi. Jika kami bisa lebih menguasai bola, itu akan lebih baik. Namun, saya akan mengerahkan segalanya. Terpenting kami menciptakan peluang dan situasi seperti itu," kata De Bruyne.

Sementara itu, dua laga sudah dijalani Belgia di Euro 2024. Namun, belum satu pun gol diciptakan sang bomber, Romelu Lukaku, atau gol yang disahkan oleh wasit.

Meski belum mencetak gol, faktanya Lukaku memiliki catatan statistik yang cukup baik di Euro 2024. Dalam dua laga, dia menjadi pemain yang paling banyak melakukan tendangan akurat ke gawang lawan. Yakni, lima tembakan ke arah gawang dalam dua laga. 

Catatan itu menjadi yang paling baik di antara para pemain lain di Euro 2024. Bahkan Lukaku unggul satu angka daripada lima bintang Euro 2024, seperti Kai Havertz, Patrik Schick, Alvaro Morata, Pierre-Emile Hojbjerg, dan Cristiano Ronaldo.

Namun, lewat dua laga pertama Belgia itu pula, Lukaku menjadi pemain dengan catatan terbanyak dalam urusan gol dianulir. Yakni, tercatat tiga kali mencetak gol ke gawang lawan di Euro 2024, tetapi semuanya dianulir wasit.

Dua gol pertama terjadi saat Belgia kalah 0-1 dari Slovakia. Dalam laga itu, dua gol Lukaku dianulir dengan alasan lebih dulu offside dan handball. Sedang satu gol tercipta kontra Rumania, juga dianulir melalui VAR karena offside. Meski dianulir, Lukaku juga membuat satu assist untuk gol Youri Tielemans.

Performa Lukaku yang cukup baik, mendapat pujian De Bruyne. Menurutnya, Lukaku tampil hebat dan sangat tidak egois, seperti ketika memberikan umpan kepada Youri Tielemans.

"Bagi saya, dia (Lukaku) menjalani turnamen yang hebat," kata kapten Timnas Belgia itu. *

Komentar