nusabali

Ogoh-Ogoh Mini Marakkan Event BASIC

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-mini-marakkan-event-basic
  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-mini-marakkan-event-basic

DENPASAR, NusaBali.com - Semangat dan antusiasme para kreator muda Bali dalam melestarikan budaya Bali masih tinggi. Hal ini terlihat dari penyelenggaraan lomba Ogoh-Ogoh Mini yang diselenggarakan oleh Bali Screen Printing Community (BASIC) di Bali Creative Industry Center pada Sabtu (22/6/2024).

Ketua BASIC  I Putu Oka Adnyana (31), mengungkapkan rasa bangganya atas semangat para peserta yang mengikuti lomba ini. "Ada rasa bangga tersendiri, karena semangat dan antusias para kreator muda Bali masih tinggi," ujarnya.

Event BASIC ini mengangkat tema ‘Scale Up Growth Up’ yang bertujuan untuk membangkitkan seni dan kreativitas anak muda Bali, utamanya seni mencetak sablon.  Itu sebabnya, acara juga diisi kegiuatan ‘Live Sablon’.

Sementara lomba ogoh-ogoh menjadi bagian dari kegiatan ini. Lomba ogoh-ogoh terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Tapel, Ogoh-Ogoh Mini Non Mesin, dan Ogoh-Ogoh Mini Mesin.

Total peserta yang mengikuti kegiatan lomba ini mencapai sekitar 80 orang. Untuk kategori Tapel diikuti oleh 40 peserta, Ogoh-Ogoh Mini Non Mesin diikuti oleh 30 peserta, dan Ogoh-Ogoh Mini Mesin diikuti oleh 14 peserta.

Lomba ini merupakan lomba yang diikuti oleh peserta dari seluruh Bali. Tidak ada batasan usia untuk mengikuti lomba ini, sehingga seluruh peserta umum diperbolehkan untuk mendaftar.

Harapan dari penyelenggaraan lomba ini adalah untuk dapat mempertahankan semangat kreator muda Bali, khususnya dalam bidang Ogoh-Ogoh Mini. Selain itu, lomba ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi para kreator muda Bali untuk menunjukkan kreativitas mereka dan memperkenalkan budaya Bali ke seluruh nusantara.

Penyelenggaraan lomba Ogoh-Ogoh Mini ini dilakukan setelah Hari Raya Nyepi karena euforia Hari Raya Nyepi masih terasa. Selain itu, lomba ini juga merupakan Closing Ceremony Event Ogoh-Ogoh Mini.

Dalam penilaian karya peserta, panitia lomba memperhatikan unsur-unsur seperti SARA, pornografi, dan politik, agar tidak menimbulkan kegaduhan di kalangan luas.

Di tengah kemajuan zaman, faktor kebersihan lingkungan dan kreativitas anak muda menjadi hal yang penting. 

Penyelenggaraan lomba Ogoh-Ogoh Mini ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kreativitas anak muda Bali.

Menurut Putu Oka, perkembangan seni Ogoh-Ogoh Mini di Bali saat ini sangat bagus. Daya tariknya semakin meningkat, khususnya bagi anak muda. Bahkan, tidak menutup kemungkinan orang tua mereka juga ikut berperan dalam bidang ini.

Penyelenggaraan lomba Ogoh-Ogoh Mini ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya Bali dan meningkatkan kreativitas anak muda Bali. Dengan adanya lomba ini, diharapkan seni Ogoh-Ogoh Mini di Bali akan terus berkembang dan menjadi salah satu ikon budaya Bali yang mendunia. *m03

Komentar