nusabali

Usai Dilantik, Pantarlih Langsung Coklit

  • www.nusabali.com-usai-dilantik-pantarlih-langsung-coklit

BANGLI, NusaBali - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Bangli dilantik pada Senin (24/6), di masing-masing desa/kelurahan. Usai pelantikan, para Pantarlih langsung melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

Salah satunya coklit untuk Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta di rumahnya, Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli. Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bangli, I Made Surya Darma Yuda mengatakan pelantikan Pantarlih dilaksanakan di masing-masing desa/kelurahan. 

Namun khusus untuk Kecamatan Susut pelantikannya dijadikan satu di Balai Banjar Tanggahan Peken, Desa Sulahan. Pantarlih yang dilantik 717 orang. Pembagian Pantarlih tergantung jumlah TPS dan pemilih di masing-masing TPS. 

"Di Bangli ada 455 TPS. Uuntuk TPS dengan pemilih lebih dari 400 orang ada dua Pantarlih. Dengan begitu, jumlah Pantarlih di Bangli lebih dari jumlah TPS," jelasnya. 

Setelah dilantik, para Pantarlih akan diberikan Bimtek dan langsung melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) ke rumah-rumah warga atau pemilih. Pada hari yang sama juga dilaksanakan proses coklit serentak kepada sejumlah tokoh masyarakat.

Di sela-sela pelaksanaan coklit, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan data coklitnya sudah cocok. Selain itu dilakukan e-coklit. "Pemilih sekarang sudah bisa memantau dan melihat sendiri data diri yang masuk dalam data nasional," ujarnya. 

Ditambahkan, masyarakat Bangli bersama-sama menyukseskan Pilkada Bangli dengan diawali suksesnya coklit. "Besok kawan-kawan penyelenggara melakukan Coklit ke semua komponen masyarakat termasuk disabilitas. Kami berharap pemilih bisa aktif untuk mensukseskan Pilkada dengan meningkatkan persentasi kehadiran saat pemilihan," sambungnya.7esa

Komentar