nusabali

Pj Gubernur Minta Polisi Usut Tuntas

Kebakaran Gudang Elpiji Tewaskan 18 Orang

  • www.nusabali.com-pj-gubernur-minta-polisi-usut-tuntas

DENPASAR, NusaBali - Kebakaran yang melanda gudang elpiji di Jalan Cargo Permai Taman I Nomor 89 kawasan Banjar Umasari, Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar merenggut 18 korban meninggal dunia. Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya menyampaikan keprihatinannya terhadap peristiwa ini. Dia mengatakan kasus tersebut kini tengah ditangani Polda Bali dan penanganan tentu saja harus sampai tuntas.

"Kasusnya kan ditangani Polda, tentu kita prihatin terhadap korban yang 18 orang meninggal. Saya berharap peristiwa seperti ini tidak sampai terjadi lagi," ujar Mahendra Jaya ditemui di DPRD Bali Jalan Dr Kusuma Atmaja, Niti Mandala, Denpasar, Senin (24/6) pagi.

Mahendra Jaya juga menekankan pentingnya penanganan kasus ini secara menyeluruh oleh Polda Bali untuk memastikan bahwa akar permasalahan diidentifikasi dan para pihak yang bertanggung jawab diajukan ke pengadilan. "Kita harapkan Polda Bali bisa menangani peristiwa ini dan mengungkap akar permasalahannya sampai tuntas, siapa yang bersalah harus bertanggung jawab sampai pengadilan," tegasnya.

Dalam upaya mencegah kejadian serupa, Mahendra Jaya mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali telah membentuk tim terpadu untuk pengawasan gabungan dari beberapa instansi pemerintah. "Pengawasan khususnya kita sudah membentuk tim terpadu, gabungan ada dari unsur Satpol PP, Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM, dan juga tentu dari Polda," jelasnya. Tim terpadu ini diharapkan dapat meningkatkan pengawasan terhadap fasilitas-fasilitas yang berpotensi berbahaya, sehingga dapat mencegah terjadinya insiden serupa di masa depan. 

Sebelumnya diberitakan setelah kurang lebih dua minggu melakukan penyelidikan dan melakukan berkali-kali olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) akhirnya pihak kepolisian menemukan titik terang penyebab kebakaran yang melanda gudang gas elpiji di Jalan Cargo Permai Taman I Nomor 89 kawasan Banjar Umasari, Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Penyidik Polresta Denpasar menyimpulkan kebakaran itu terjadi dipicu percikan api dari dinamo starter mobil pick up yang terparkir di TKP. 

"Secara pasti belum ada yang tahu, karena tidak ada saksi yang bisa menjelaskan. Pada saat olah TKP tim Labfor Polda Bali menemukan kunci yang terpasang pada starter mobil. Setelah uji lab dinamo starter mobil itu dalam keadaan terbakar. Makanya dugaan yang mendekati adalah percikan api dari dinamo mobil itu," ungkap Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi dikonfirmasi, pada Minggu (23/6). 7 cr79

Komentar