nusabali

Ambisi Prancis Puncaki Grup D

  • www.nusabali.com-ambisi-prancis-puncaki-grup-d

BERLIN, NusaBali - Timnas Prancis dan Timnas Polandia akan berjumpa di Signal Iduna Park (BVB Stadion Dortmund) Jerman pada matchday terakhir Grup D Euro 2024.

Pertandingan Prancis vs Polandia ini akan kick-off, Selasa (25/6) pukul 23.00 WIB atau Rabu (26/6) dinihari pukul 00.00 Wita.

Prancis memiliki empat poin di peringkat dua, sama dengan Belanda, unggul satu poin atas Austria. Polandia tanpa poin di peringkat terbawah. Pada laga pertama, Prancis menang tipis 1-0 atas Austria berkat gol bunuh diri pemain lawan. Pada laga kedua, di mana striker dan kapten Kylian Mbappe dicadangkan usai mengalami cedera patah hidung saat lawan Austria, Prancis bermain imbang 0-0 dengan Belanda.

Lewandowski -IST

Sementara itu, Polandia melalui dua laga pertamanya dengan kekalahan. Polandia kalah 1-2 dari Belanda, kemudian kalah 1-3 dari Austria. Adam Buksa mencetak satu gol ke gawang Belanda, lalu Krzysztof Piatek menyarangkan satu gol kontra Austria. Prancis hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri finis di dua besar dan lolos ke fase selanjutnya. Sebaliknya, Polandia sudah tak punya harapan. Robert Lewandowski dan kawan-kawan telah menjadi pihak pertama yang tersingkir dari kejuaraan.

Prediksi Prancis vs Polandia berpeluang dimenangkan Les Bleus berdasarkan head to head. Prancis membutuhkan kemenangan sebagai syarat juara Grup D. Persaingan panas tersaji di Grup D Piala Eropa 2024. Hingga kini belum ada tim yang sudah dipastikan menempati puncak klasemen. Belanda (4 poin), Prancis (4 poin), dan Austria (3 poin) mempunyai kans yang setara. Di lain sisi, Polandia (0 poin) tersingkir lebih awal lantaran belum mengumpulkan angka.

Prancis berpotensi memanfaatkan situasi Polandia yang sudah tidak berkepentingan terhadap hasil laga. Pada waktu yang sama, Belanda dan Austria akan saling sikut demi memperebutkan satu jatah tiket otomatis tersisa.

Agar bisa lolos dengan predikat juara Grup D Piala Eropa 2024, Prancis membutuhkan kemenangan mutlak sembari berharap duel Belanda vs Austria berakhir imbang. Les Bleus juga perlu mencetak kemenangan via minimal dua gol atau lebih tanpa kebobolan demi memuncaki klasemen andai saja Belanda menang melawan Austria tidak lebih dari satu gol.

Sementara Polandia kendati sudah tidak mungkin lagi menembus fase knock-out, Biało-czerwoni diprediksi tampil tanpa beban saat meladeni Prancis. "Kami memiliki beberapa pemain yang mengalami cedera dan kami mengalami kesulitan untuk menyatukan tim, namun inilah cara kami bermain," kata Michał Probierz, pelatih Polandia, usai dihajar Austria 1-3.

Bomber gaek Biało-czerwoni, Robert Lewandowski, berpotensi turun sejak menit awal. Ia hanya menghuni bangku cadangan dalam laga kontra Belanda. Pemain Barcelona itu baru dimainkan menit ke-60 melawan Austria. Penampilan terakhir kontra Prancis turut menjadi adu ketajaman antara Lewandowski dengan bomber Prancis, Kylian Mbappé. 7

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Prancis (4-3-3): Maignan; Kounde, Upamecano, Saliba, Hernandez; Kante, Tchouameni, Rabiot; Dembele, Mbappe, Griezmann. Pelatih: Didier Deschamps.

Polandia (3-4-1-2): Szczesny; Bednarek, Dawidowicz, Kiwior; Frankowski, Slisz, Piotrowski, Zalewski; Zielinski; Lewandowski, Piatek. Pelatih: Michal Probierz.

Komentar