nusabali

Swiss Lolos Susul Jerman, Hungaria Menunggu

  • www.nusabali.com-swiss-lolos-susul-jerman-hungaria-menunggu

FRANKFURT, NusaBali - Menyusul Jerman, Swiss lolos ke 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024 sebagai wakil Grup A. Sedangkan Hungaria harus menunggu hasil pertandingan grup lainnya untuk memastikan diri ke fase knock out.

Ya, Swiss lolos setelah mampu menahan imbang Jerman 1-pada terakhir Grup A di Deutsche Bank Park, Frankfurt, Jerman, Senin (25/6) dini hari WITA. Sedangkan Hungaria menang 1-0 atas Skotlandia, di Stuttgart Arena di Stuttgart Minggu (23/6) malam. 

Pada laga lawan ‘tuan rumah’ Jerman, Swiss membuat kejutan dengan gol Dan Ndoye pada menit ke-28 setelah memanfaatkan umpan Remo Freuler. La Nati hampir keluar sebagai pemenang. Namun, kolaborasi dua pemain pengganti Jerman saat crossing David Raum berhasil ditanduk Niclas Fullkrug pada menit ke-90+2 membuat laga berakhir imbang.

Hasil itu membuat tuan rumah Jerman mengakhiri fase grup sebagai pemuncak klasemen dengan tujuh poin, unggul dua poin dari Swiss di posisi kedua dengan lima poin.

Kini Jerman hanya tinggal menunggu lawan yang harus dihadapi, yaitu tim runner-up Grup C. Saat ini masih ada tiga kemungkinan yang bisa jadi lawan Jerman, yakni Inggris, Denmark, dan Slovenia.

Sedangkan menanggapi keloloskan Swiss, pelatih Murat Yakin memuji penampilan luar biasa bagus timnya yang berhasil menahan imbang tuan rumah Jerman 1-1. Murat merasa garus memberikan pujian besar kepada tim.

“Itu pertandingan penuh taktik, bisa dilihat seberapa banyak pemain kami yang berlari dan seberapa banyak yang berjuang," kata Murat.

Pelatih keturunan Turki berkewarganaraan  Swiss itu merasa taktik serangan balik sangat cocok untuk menghadapi tim-tim raksasa sekelas Jerman.

Swiss yang berstatus runner-up akan menghadapi juara grup B, antara Italia atau Kroasia. Namun Murad mengatakan hasil imbang melawan Jerman membuat timnya tidak gentar menghadapi tim kuat berikutnya.

Sementara dari laga Grup A lainnya di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Hungaria mengalahkan Skotlandia 1-0 melalui gol pemain pengganti Kevin Csoboth pada menit ke-90+10. Csobot memanfaatkan umpan Roland Sallai membuat Magyarok mengakhiri grup di posisi ketiga dengan tiga poin dan selisih gol minus tiga.

Raihan tiga poin ini membuat mereka yang menelan dua kekalahan dari dua laga awal, menghidupkan kembali asa lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Sejauh ini, belum dimainkannya laga terakhir dari lima grup lainnya, posisi Dominik Szoboszlai dkk di klasemen peringkat terbaik masih aman karena menghuni posisi ketiga, di bawah Austria dan Slovakia yang memiliki poin yang sama dengan selisih gol lebih baik. ant

Komentar