nusabali

Incar Juara Grup, Kane Wajibkan Kalahkan Slovenia

Sesko Siap Bungkam Inggris

  • www.nusabali.com-incar-juara-grup-kane-wajibkan-kalahkan-slovenia

Slovenia kalah lima kali dari enam pertemuan terakhir dengan Inggris. Namun, mereka berhasil menahan tim Gareth Southgate pada 2016. Hal itu bukti usaha membendung Inggris masih dapat dilakukan.

KOLN, NusaBali
Penyerang Slovenia Benjamin Sesko menunjukkan kepercayaan diri kepada para pendukung negaranya untuk menciptakan momen bersejarah saat melawan Inggris. Ya, Slovenia akan menantang Inggris dalam laga terakhir Grup C Euro 2024, di RheinEnergieStadion (Cologne Stadium), Koln, Rabu (26/6) dinihari WITA.

Ya, sebanyak 20.170 orang Slovenia meneriakkan dukungan untuk tim asuhan Matjaz Kek saat melawan Serbia beberapa waktu lalu. Benjamin Sesko menyebut kehadiran penggemar Slovenia yang begitu banyak adalah suatu hal yang luar biasa.

"Saya bersyukur kepada mereka dari lubuk hati saya karena mereka tahu kita berpeluang mencapai hal-hal besar melawan Inggris, saya menghormati semua fans," kata penyerang klub Bundesliga, RB Leipzig itu. 

Sesko yang sempat diminati sejumlah klub besar Liga Inggris itu menderita kram di Allianz Arena saat melawan Serbia, Kamis (20/6) lalu. Dalam laga yang berakhir 1-1 itu, Sesko terus mendapat tekanan dari para pemain Serbia. 

Pemain 21 tahun itu juga aktif menghubungkan permainan dan memulai serangan balik cepat ke area lawan. Sesko bersikeras akan 100 persen siap untuk menghadapi Inggris di laga berikutnya.

Sedangkan gelandang Slovenia, Timi Max Elsnik, memuji keinginan Sesko memperbaiki kekurangan tim dari dua laga sebelumnya. "Dia tidak peduli jika mencetak gol karena dia hanya ingin Slovenia menang. Dia memiliki potensi besar dan akan menjadi sosok utama," ungkap Elsinik.

Slovenia kalah lima kali dari enam pertemuan terakhir dengan Inggris. Namun, mereka berhasil menahan imbang tim Gareth Southgate pada 2016. Hal tersebut menjadi bukti usaha membendung Inggris masih dapat dilakukan. 

Sementara itu, striker andalan Timnas Inggris, Harry Kane merasa dalam kondisi fisik yang bagus. Dia pun siap diturunkan dalam laga terdekat Tiga Singa melawan Slovenia.

Kane merasa penampilannya sejauh ini masih belum baik di Euro 2024. “Saya tahu terkadang ketika saya mengalami pertandingan buruk, selalu ada seseorang yang mencari alasannya," kata penyerang Bayern Muenchen itu.

Harry Kane kemudian berbicara mengenai permainan Timnas Inggris secara umum. Kane merasa sejauh ini pasukan Gareth Southgate memang belum tampil sesuai harapan di Euro 2024. Padahal di awal turnamen, Inggris diunggulkan menjadi juara. Namun, Kane tahu saat ini banyak yang mulai meragukan Inggris.

Inggris saat ini di puncak Grup C Euro 2024 dengan empat poin dari dua laga. Kane menegaskan Inggris sangat mengincar kemenangan saat menghadapi Slovenia, karena ingin jadi juara Grup C.

Kane juga membela pelatih Gareth Southgate yang terus dihujani kritik atas performa Inggris di Jerman. Southgate dikritik karena gagal menemukan taktik yang tepat untuk mengoptimalkan skuad Inggris yang bertabur pemain bintang, seperti Jude Bellingham, Phil Foden, Bukayo Saka, Trent Aexander Arnold. 

Bahkan pemain andalan Chelsea, Cole Palmer, hanya diparkir di bangku cadangan. "Akan selalu ada orang yang mengkritik atau meragukannya, tapi rekornya berbicara sendiri. Kami benar-benar sukses," kata Kane. ant

Prediksi Starting XI 
Inggris (4-2-3-1): Pickford; Walker, Stones, Guehi, Gomez; Rice, Wharton; Saka, Bellingham, Foden; Kane. Pelatih: Gareth Southgate.
Slovenia (4-4-2): Oblak; Karnicik, Drkusic, Bijol, Janza; Stojanovic, Gnezda Cerin, Elsnik, Mlakar; Sporar, Sesko. Pelatih: Matjaz Kek.

Enam Laga Terakhir 
06/10/17 Inggris 1-0 Slovenia (Kualifikasi PD)
12/10/16 Slovenia 0-0 Inggris (Kualifikasi PD)
14/06/15 Slovenia 2-3 Inggris (Kualifikasi Euro)
16/11/14 Inggris 3-1 Slovenia (Kualifikasi Euro)
23/06/10 Slovenia 0-1 Inggris (Piala Dunia)
05/09/09 Inggris 2-1 Slovenia (Friendly).

Komentar