nusabali

Disinyalir Marak WNA Punya Usaha Berkedok UMKM

  • www.nusabali.com-disinyalir-marak-wna-punya-usaha-berkedok-umkm

MANGUPURA, NusaBali - Bali sebagai destinasi pariwisata dunia bak menjadi ‘gula’ bagi para pelaku bisnis.

Tak hanya bisnis besar, usaha mikro pun menggeliat. Namun, belakangan banyak bermunculan usaha-usaha kecil yang dimiliki oleh warga asing dan juga ramai beredar di media sosial (medsos). Diduga WNA menjalankan usaha berkedok UMKM, tetapi menggunakan Penanaman Modal Asing (PMA).

Dugaan PMA berkedok UMKM di Badung ini terungkap saat kegiatan serap aspirasi oleh Panitia Khusus (Pansus) Penyusunan Ranperda Inisiatif DPRD Badung tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Usaha Mikro di DPRD Badung, Selasa (25/6). Untuk diketahui, di media sosial banyak beredar WNA banyak melakoni usaha seperti jasa sewa motor, kursus mengemudi sepeda motor, jadi pelatih surfing, bisnis kesehatan, bahkan sampai pengurusan visa maupun paspor hingga jual beli properti.

Ketua Pansus Penyusunan Ranperda Inisiatif DPRD Badung tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Usaha Mikro, I Wayan Luwir Wiana menegaskan akan menindaklanjuti, menelusuri, dan mengawasi sehingga tidak ada UMKM menggunakan Penanaman Modal Asing (PMA). “Iya, kami baru mendengar, ternyata di bawah itu ada PMA berkedok UMKM,” jelas Luwir Wiana ditemui usai serap aspirasi.

Luwir Wiana melanjutkan, tindak lanjut dan penelusuran di lapangan akan segera dilakukan. Sebab, praktik seperti PMA berkedok UMKM tidak boleh dilakukan dan hal ini menyalahi regulasi. “Kami sebagai anggota dewan pasti akan tindak lanjuti dan telusuri, mempertajam biar tidak mereka berkedok UMKM tapi memakai PMA. Kami coba cek datanya selaku pengawasan, benar tidak PMA berkedok usaha mikro? Biar tidak disalahgunakan,” tegasnya. 7 ind

Komentar