nusabali

Sameton Pasek Celagi Gelar Karya Padudusan Agung

  • www.nusabali.com-sameton-pasek-celagi-gelar-karya-padudusan-agung

SEMARAPURA, NusaBali - Pangempon Pura Pasek Celagi di Banjar Koripan Tengah, Desa/Kecamatan Banjarangkan, Klungkung menggelar upacara mupuk pedagingan, ngenteg linggih, dan padudusan agung di Pura Pasek Celagi, Buda Kliwon Kelawu, Rabu (26/6). Karya digelar setelah  selesainya perluasan dan pembangunan palinggih.

Kelian Pangempon, I Made Suwista, mengatakan perluasan dan pembangunan dilaksanakan secara bertahap sejak beberapa tahun lalu. Pendanaannya dari dana punia sameton dan urunan. Setelah melewati proses yang cukup panjang,  pembangunan fisik rampung. Barulah dilanjutkan dengan ngewangun karya. “Jadi setelah selesai perluasan palebahan pura dan pembangunan palinggih, pangempon makinkin (bersiap-siap) untuk makarya,” terang Suwirta, Selasa(25/6).

Tahapan karya diawali dengan nuwasen karya pada Buda Umanis, Perangbakat, Rabu (29/5). Nanceb penjor pada Soma Kliwon Wayang, Senin (17/6). Tawur Balik Sumpah pada Saniscara Kliwon Wayang, Selasa (19/6). Nuur tirta di sejumlah Pura Kahyangan Jagat di Bali pada Redite Umanis Dukut, Minggu (23/6). 

Upacara melasti pada Soma Paing, Kelawu, Senin (24/6). Puncak Karya, Buda Keliwon Kelawu, Rabu (26/6) hari ini.  Suwista menambahkan, pewangunan dan kemudian karya yang kini sedang dilaksanakan merupakan   wujud  subakti kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa dan Bethara Kawitan. “Sepisanan(sekaligus) semakin mempererat tali  pasemetonan krama pangempon,” ungkap Made Suwista.

Menurut Made Suwista, sameton pangempon selain dari Klungkung juga tersebar di Gianyar, Bangli, Denpasar, Badung,  Tabanan, Jembrana, dan Buleleng. Menurut Suwista, upacara besar serupa pernah  sudah digelar sebelumnya yakni pada tahun 1983 atau 41 tahun yang lalu. Eedan karya berakhir pada Buda Umanis Dukut, Rabu,3 Juli yang akan datang yakni Ngaturang Penyineb Karya dan Mendem Bagia Pula Kerthi. 7 wan

Komentar