nusabali

105 Ribu Wisman Korea Pilih Bali untuk Berlibur

  • www.nusabali.com-105-ribu-wisman-korea-pilih-bali-untuk-berlibur

Jumlah tersebut mengantarkan  wisatawan Korea masuk 5 besar kunjungan ke Bali

DENPASAR, NusaBali
Segmen pasar pariwisata Bali di Asia Timur, khususnya  wisatawan  Korea Selatan  menunjukkan perkembangan positif. Data terakhir dari total kunjungan wisatawan Korsel ke Pulau Dewata sebanyak 105.362. 

Jumlah tersebut antara Januari sampai dengan Mei 2024. Jumlah kunjungan tersebut mengantarkan  wisatawan Korea untuk sementara  masuk  5 besar terbanyak  kunjungan wisman ke Bali, dibawah  wisman Australia, India, China dan United Kingdom/Inggris.

Sedangkan total kunjungan wisman ke Bali pada periode Januari-Mei mencapai 2.412.695. Hal tersebut berasal dari data Imigrasi Ngurah Rai, Denpasar. Tercatat 20 negara asal wisman yang datang ke Bali.

Wisman Australia tercatat terbanyak atau peringkat pertama. Sedangkan pada peringkat terakhir atau yang ke -20, wisman dari negeri spaghetti Italia.  Selain dari 20 negara yang tercatat secara rinci, total kunjungan tersebut juga disumbangkan dari others nationality atau negara lainnya  yang tidak disebutkan secara detil.  Namun demikian,  kontribusinya secara keseluruhan lumayan,  mencapai 68.280 kunjungan. 

Kasi Promosi Dinas Pariwisata Bali, I Ketut Yadnya Winarta mengatakan wisman Korea memang termasuk  yang mulai  banyak  berlibur ke Bali.  “Ini membuktikan Bali masih  menjadi salah satu destinasi favorit wisman, termasuk   turis Korea,” ujarnya Selasa (25/6). Kata dia, bukan hanya sekarang atau waktu belakangan  ini saja, namun sejak lama wisman Korea merupakan salah satu pasar ‘tetap’ pariwisata Bali.

“Dulu-dulu kunjungan wisman Korea kan juga ramai,” jelasnya. Namun setelah pandemi Covid-19 melanda, kunjungan wisman, termasuk wisman Korsel menyusut. “Kini mulai membaik dan meningkat, jelas positif,” ujarnya.

Makin meningkatnya kunjungan wisman, tambah Yadnya Winarta mudah-mudahan menjadi pertanda perekonomian global mulai membaik juga. Secara keseluruhan kunjungan wisman ke Bali  terus meningkat dari bulan Januari sampai dengan Mei. Pada Januari, jumlah kunjungan wisman ke Bali mencapai 420.037. Pada bulan Februari 454.801. Kemudian pada bulan Maret 469.227 kunjungan. Pada bulan April 503.194 dan 565.436 kunjungan pada bulan Mei.

Sebanyak total 576.107 kunjungan, wisman Australia menjadi pemuncak jumlah wisman terbanyak ke Bali. Disusul wisman India 219.977 pada peringkat kedua. Selanjutnya wisman China sebanyak  189.765 kunjungan pada peringkat ketiga. Serta wisman Inggris  115.318 pada posisi keempat. Barulah wisman Korea dengan 105.362 kunjunngan pada peringkat kelima atau terakhir pada lima besar jumlah kunjungan wisman ke Bali. k17

Komentar