nusabali

Dua Perenang Bali Ikut OWS

  • www.nusabali.com-dua-perenang-bali-ikut-ows

JAKARTA, NusaBali - Perenang Bali masuk tim Indonesia yang berlaga dalam SEA Open Water Swimming (OWS) Championship di Pantai Muaya, Jimbaran, Bali pada 28-30 Juni 2024. Mereka adalah I Putu Fardeen Bagas Mahottama di 5.000 meter yang akan bertanding Jumat (28/6). Lalu Dwiyaning Aprillia Putri di 10.000 meter pada Sabtu (29/6).

"Ada 13 perenang putra dan 13 perenang putri Indonesia dikirim mengikuti OWS. Dua diantaranya berasal dari Bali. Para perenang Indonesia didampingi 10 pelatih. Pelatih renang dari Bali yang mendampingi hanya saya. Selebihnya dari daerah lain," ujar pelatih renang Bali Ni Putu Era Larasati atau biasa disapa Era kepada NusaBali, Selasa (25/6).

Menurut Era, kedua perenang Bali tersebut terpilih, karena dilihat prestasinya saat mengikuti Pra PON pada September 2023 di Lamongan, Jawa Timur. Saat itu, Putu Fardeen menempati peringkat ketiga dengan catatan waktu 1.12.13,9. Dwiyaning di peringkat kelima dengan torehan waktu 2.32.40,2.

Selain ke 26 perenang dari jalur prestasi, Indonesia juga mengirimkan perenang melalui jalur mandiri. Di bagian ini, ada 12 perenang putra dan enam orang perenang putri. Di bagian jalur mandiri, ada pula perenang Bali. Mereka adalah Justin Emmanuelle Banik di 10.000 meter putra dan Regita Adek Bintang di 5.000 meter putri.

Secara keseluruhan ada empat perenang Bali bakal berlaga di SEA OWS Championship. Ke empatnya, kata Era, merupakan perenang Bali yang lolos PON 2024 Aceh-Sumatera Utara kategori perairan terbuka. Oleh karena itu, mereka telah mempersiapkan diri secara berkesinambungan sejak Januari lalu di Kolam Renang Tirta Arum, Blahkiuh, Kabupaten Badung.

Di mana dari Januari hingga Juni, mereka berlatih tiga kali dalam seminggu. "Juli 2024 nanti ada TC untuk atlet PON Bali. Kami akan terapkan latihan 10 kali dalam seminggu," ucap Era. Untuk para perenang di kategori perairan terbuka, mereka juga tetap berlatih di kolam renang. Lalu dua minggu sekali latihan di Pantai Sanur.

"Latihan di laut agar mereka dapat feel air laut dan arusnya. Untuk melatih endurance, mereka berlatih di kolam renang. Latihan di kolam pun, tidak sampai menyentuh dinding ketika akan balik," jelas mantan perenang Bali ini. Kini, ke empat perenang Bali yang mengikuti SEA OWS Championship masih menjalani latihan bersama perenang PON Bali lainnya.

Mereka akan bergabung dengan perenang Indonesia lainnya pada Kamis (27/6). Mereka juga akan diberikan kesempatan untuk menjajal lokasi pertandingan. Era mengatakan, pesaing kuat perenang Bali di kejuaraan tersebut ada dari beberapa negara. Antara lain, Singapura, Malaysia dan Thailand.

Untuk itu, Era berharap empat perenang Bali yang memperkuat Indonesia bisa tampil bagus. Terlebih mereka bertanding di "rumah sendiri", sehingga setidaknya sudah mengetahui kondisi meski baru pertama kali terjun di kejuaraan itu. Selain itu, Era juga berharap mereka memanfaatkan kejuaraan itu dengan baik.

"Sebab, bisa menjadi salah satu try in bagi mereka. Plus menjadi tolak ukur mereka sebelum berlaga di PON 2024. Jika bisa, mereka mendapatkan medali atau setidaknya best time mereka lebih baik lagi dari Pra PON kemarin," papar Era. 7 k22

Komentar